[ccpw id="5"]

[ccpw id="5"]

BerandaPEMERINTAHANWawako Buka Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata Kota Solok Tahun 2022

Wawako Buka Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata Kota Solok Tahun 2022

-

SOLOK KOTA – Pelatihan pengelolaan desa wisata Kota Solok Tahun 2022 dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Solok Dr. H. Ramadhani Kirana Putra, SE, MM bertempat di Hotel Taufina, Selasa (22/11). Turut Hadir Kabid destinasi wisata dinas pariwisata Provinsi Sumatera Barat Drs. Doni Hendra, MM, serta Pemateri Muhammad Zuhrizul, SE, MM., dari Sumbar Madani.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok Elvy Basri, SE, MM dalam laporannya menyebutkan tujuan dari kegiatan ini agar peserta memiliki wawasan perihal pengelolaan desa wisata, memahami pentingnya membangun kepariwisataan di desa wisata yang bertumpu pada keanekaragaman, keunikan dan kekhasan budaya dan alam, mendorong pertumbuhan ekonomi melalui sektor pariwisata yang membawa manfaat pada kesejahteraan masyarakat, serta memberikan semangat baru bagi peserta untuk membangun wisata di desanya.

Adapun peserta pelatihan mencakup pelaku desa wisata se-Kota Solok, pengelola homestay, pengusaha kuliner dan pengrajin souvenir yang dilaksanakan pada tanggal 22 s/d 24 November 2022.

Disisi lain, Wawako dalam sambutannya menjelaskan Desa wisata menjadi salah satu alternatif destinasi wisata yang akhir-akhir ini semakin giat dikembangkan oleh pemerintah pusat maupun daerah, Kota Solok sendiri memiliki 2 desa wisata yang terletak di kelurahan Tanjung Paku dan Kelurahan Tanah Garam.

Prinsip utama dalam desa wisata adalah desa membangun, yaitu fokus kepada pemberdayaan masyarakat untuk dapat membangun desanya secara mandiri. Pengembangan desa wisata merupakan misi pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui pengembangan usaha produktif di bidang pariwisata, sesuai dengan potensi dan sumber daya lokal.

Wawako berharap melalui pelatihan ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk terlibat langsung dalam pengembangan desa wisata.

“Pemerintah Kota Solok akan selalu mendukung secara penuh program-program peningkatan kualitas masyarakat terutama yang menyangkut hajat hidup orang banyak. Meskipun begitu, tanpa bantuan masyarakat pemko sendiripun tak bisa apa-apa. Untuk itu, mari bersama sama kita berkoordinasi demi terwujudnya Kota Solok menjadi Kota Kunjungan wisata” tutupnya.

Crew Prokomp : suci, ak21, rivo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

LATEST POSTS

Hujan Tidak Menyurutkan Pemerintah Kota Solok untuk Peringati HUT KORPRI Ke 51 Tahun 2022

SOLOK KOTA-Wali Kota Solok H. Zul Elfian Umar tetap laksanakan peringati Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke 51, walau Kota Solok...

273 Orang Tahfizh Qur’an Kota Solok Diwisuda

SOLOK KOTA - Sebanyak 273 orang Hafidz dan Hafidzah Kota Solok secara resmi diwisuda oleh Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar dalam kegiatan Wisuda Tahfizh...

Wako Zul Elfian Umar Buka Seminar Nasional PGRI Kota Solok

SOLOK KOTA - Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar secara resmi membuka seminar nasional Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Solok dalam rangka peringatan HUT...

Wakil Wali Kota Solok Hadiri Pertemuan rutin RT, RW, LPMK se Kecamatan Lubuk Sikarah

SOLOK KOTA - Wakil Wali Kota Solok Dr. H. Ramadhani Kirana Putra, SE, M. Si hadiri pertemuan rutin Ketua RT, RW dan LPMK se Kecamatan...

Follow us

20,832FansSuka
3,596PengikutMengikuti
10,935PelangganBerlangganan

Most Popular

spot_img