Wawako Solok Hadiri Pencanangan Kampung Pancasila Binaan Kodim 0309/Solok

SOLOK KOTA – Wakil Wali Kota Solok Dr. Ramadhani Kirana Putra, hadiri Pencanangan Kampung Pancasila Binaan Kodim 0309/Solok di Gurun Bagan, Kelurahan VI Suku, Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok, Selasa (15/3).
Turut hadir dalam acara tersebut Dandim 0309/Solok, Letkol ARM Hendrik Setiawan, S.E, Kapolres Solokkota, AKBP Ferry Suwandi, S.Ik, Camat Lubuk Sikarah serta Lurah VI Suku, Anggota Kodim 0309/ Solok dan Masyarakat.
Wawako Dr. Ramadhani dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya dengan pencanangan Gurun Bagan, Kelurahan VI Suku, Kecamatan Lubuk Sikarah sebagai Kampung Pancasila. Kita semua penuh perbedaan karena perbedaan itu penting tetapi bukan berarti harus bermusuhan.
“Dengan perbedaan kita harus bersatu dan lebih rukun karena kita merupakan warga negara Indonesia yang terbingkai dengan bhineka tunggal ika” sebut Wawako.
Lebig lanjut beliau menyampaikan bahwa dengan dicanangkannya Gurun Bagan Kelurahan VI Suku sebagai Kampung Pancasila, diharapkan dapat menjadi contoh bagi Kelurahan yang lain di Kota Solok. Karena di Kelurahan VI Suku terdapat bermacam keberagaman agama, suku, dan ras, semua itu tetap hidup berdampingan, damai, bertoleransi dan saling menjaga kerukunan masyarakat.
“Selamat untuk Gurun Bagan Sebagai Kampung Pancasila semoga semakin maju dan semakin makmur dengan masyarakat yang penuh perbedaan tetapi satu sama lain selalu menjaga kerukunan umat” ucap Wawako.
Disisi lain Dandim 0309/Solok Letkol ARM Hendrik Setiawan, S.E, mengatakan Kampung Pancasila adalah julukan untuk Kelurahan yang dijadikan contoh penerapan nilai-nilai Pancasila.
Berikut adalah latar belakang terbentuknya Kampung Pancasila:
1. Menegakkan nilai-nilai Pancasila sebagi pedoman rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara.
2. Sebagai contoh penerapan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.
3. Sebagai contoh sikap toleransi antar umat beragama.
4. Sebagai contoh hidup damai tanpa konflik meskipun terdapat perbedaan agama, suku, dan ras.
5. Adanya kerukunan dalam masyarakat di daerah yang dipilih sebagai Kampung Pancasila.
Adapun tujuan dibentuknya Kampung Pancasila adalah sebagai berikut:
1. Untuk menciptakan suatu media pembelajaran Pancasila bagi masyarakat luas.
2. Untuk semakin menumbuhkan kerukunan antar masyarakat di Pancasila, karena penduduknya beragam.
3. Untuk menanamkan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika.
4. Untuk menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib menerapkan sila-sila Pancasila.
5. Untuk menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib memberikan penghormatan dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pemimpin bangsa yang telah berhasil menggali dan merumuskan Pancasila sebagai dasar negara.
Hasil yang diharapkan dari adanya program Kampung Pancasila adalah meningkatnya kecerdasan masyarakat. Proses interpretasi, internalisasi, dan aktualisasi Pancasila akan membentuk pribadi yang unggul.
Pengembangan budaya melalui Pancasila juga akan menghasilkan kecerdasan spiritual. Lalu, pengembangan sosial akan menghasilkan kecerdasan emosional, dan pengembangan ilmiah akan menghasilkan kecerdasan intelektual.
Crew Prokomp : Eryx, Rivo, Deni