Wawako Pimpin Apel Bersama Peringatan HKB tahun 2022

SOLOK KOTA – Wakil Wali Kota Solok Dr. Ramadhani Kirana Putra, pimpin apel peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tahun 2022, hadir pada kesempatan ini anggota DPRD Kota Solok Rusdi Saleh, unsur Forkopimda, Kepala OPD terkait serta Relawan Kebencanaan se Kota Solok, bertempat di halaman Balai Kota Solok. Jumat (27/05)
Dalam sambutannya Wawako menyampaikan paradigma sadar bencana harus menjadi cara berfikir dan cara bertindak bangsa Indonesia dan masyarakat Kota Solok pada khususnya sehingga menjadikanya sebagai budaya dalam bertindak untuk menyikapi bencana.
“Kita bersama harus merubah cara berfikir kita bahwa penanggulangan bencana harus menjadi budaya yang di aplikasikan dengan kearifan lokal agar kita mampu menyikapi ancaman bencana lebih efektif dan efisien” ucap Wawako.
“Hari Kesiapsiagaan Bencana adalah inisiasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana, yang tujuannya adalah untuk mengajak semua pihak meluangkan waktu satu hari untuk melakukan latihan kesiapsiagaan bencana secara serentak.” tambah Wawako.
Wawako juga menyampaikan dengan HKB diharapkan bisa membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju masyarakat Tangguh Bencana.
“Masyarakat harus paham, bencana apa yang harus mereka hadapi, Contohnya, persiapan menghadapi gempa bumi, dengan mengetahui dan memahami bencana yang dihadapi, masyarakat bisa lebih tanggap dalam menyelamatkan dirinya sendiri.
Itulah kenapa, dibutuhkan latihan dan persiapan, yang perlu dilakukan secara serentak.” tutup Wawako.
Selepas apel Wawako bersama undangan menyaksikan simulasi simulasi tanggap bencana alam gempa.
Crew Prokomp : ak21, rivo