Rabu, Februari 21, 2024

Wali Kota Solok Ikuti Syukuran Masjid Nurus Sakinah

Must Read

SOLOK KOTA – Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar mengikuti syukuran atas selesainya dibangun kembali Masjid Nurus Sakinah, Kelurahan Nan Balimo, Kota Solok, Jum’at (17/03/23). Tampak hadir, Forkopimda Kota Solok, Ketua LKAAM dan Bundo Kanduang Kota Solok, Kepala OPD lingkup Pemerintah Kota Solok, pengurus Masjid, Jamaah Masjid serta masyarakat sekitar.

Wako dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada jamaah Masjid Nurus Sakinah yang saat ini telah memiliki gedung Masjid yang bagus dan megah. ” Kedepan, tugas jamaahlah dalam merawat, menjaga serta memakmurkan Masjid ini,” sebut wako.

Fungsi Masjid bukan sekedar sholat lima waktu saja, namun banyak kegiatan syiar Islam yang bisa dilakukan, menyelesaikan permasalahan umat, serta lain sebagainya. Wako juga mendorong Masjid Nurus Sakinah untuk mulai menjalankan Baitul Mal Wat Tamwil, yang merupakan salah satu program Pemko Solok.

Dijelaskan wako, Baitul mal wat tamwil (BMT) merupakan satu organisasi usaha yang bersifat mandiri yang memiliki kegiatan untuk mengembangkan berbagai kegiatan usaha yang bersifat produktif dengan maksud untuk meningkatkan kualitas dari kegiatan ekonomi yang dijalankan oleh para Masyarakat kecil dan juga para pengusaha kecil.

Kegiatan yang sering dilakukan oleh BMT adalah mendorong agar Masyarakat menabung di BMT serta juga membiayaai kegiatan ekonomi yang dijalankan oleh mereka.

” Selain kegiatan tersebut, BMT juga dapat menerima dana-dana untuk keperluan zakat, infak dan sedekah dan lalu menyalurkan kepada pihak-pihak yang memerlukannya sesuai aturan yang ada. Sebagai satu Lembaga keuangan syariah BMT merupakan Lembaga keuangan syariah yang memiliki sifat yang lebih informal,” jelas wako.

Selanjutnya, berbeda dengan entitas syariah lainnya yang lebih formal, seperti bank syariah dan juga entitas pasar modal syariah. BMT sendiri sebenarnya merupakan Lembaga keuangan syariah yang memiliki sejarah yang cukup Panjang. Berdiri pada masa Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam dan para Khulafaur Rasyidin.

Selain fungsinya sebagai Lembaga keuangan, BMT juga bisa berfungsi sebagai Lembaga ekonomi. Hal ini dikarenakan salah satu tugas yang dilakukan oleh BMT adalah melakukan penghimpunan dana dari anggotanya serta juga menyalurkan dana tersebut kepada para Masyarakat yang menjadi anggota BMT. BMT juga bisa melakukan kegiatan-kegiatan di bidang ekonomi, perdagangan industry dan juga pertanian.

Diakhir kegiatan, wako bersama tamu undangan, pengurus masjid dan masyarakat melakukan makan siang bersama sebagai ucapan rasa syukur sekaligus silaturrahmi dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444 H.

Crew Prokomp : Deni, Eryx.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest News

Wakil Wali Kota Solok Ikuti FGD penilaian tahap II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD)

SOLOK KOTA - Wakil Wali Kota Solok, Dr. H. Ramadhani Kirana Putra Ikuti Focus Group Discusion dalam rangka penilaian...

More Articles Like This