Wako Sambut Tim Penilai KAN Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat

SOLOK KOTA – Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar menerima kedatangan rombongan tim penilai Kerapatan Adat Nagari (KAN) berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat Di Kantor KAN Lubuk Sikarah Nagari Solok, Senin (12/9).
Turut hadir, Ketua KAN Lubuk Sikarah Nagari Solok, Edi Warman Imam Maharajo Malin Batuah Tenggang Basa Dt.Rajo Alam, Ketua LKAAM Kota Solok, H.Rusli Khatib Sulaiman, Ketua Bundo Kanduang Kota Solok, Sitta Novembra, niniak mamak, serta kepala OPD terkait
Wako Zul Elfian Umar dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada tim penilai dari Provinsi Sumatera Barat sekaligus ucapan terimakasih kepada Gubernur Sumbar dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Sumbar yang telah menilai KAN Lubuk Sikarah Nagari Solok.
Kegiatan ini untuk penialain dan pembinaan agar KAN semakin lebih baik lagi. Alhamdulillah di Lubuk Sikarah Nagari Solok, nilai adat dan agama bersatu. Tidak berlebihan kita sebut Niniak mamak Lubuk Sikarah adalah ninik mamak ulama.
“Kita membicarakan soal adat, permasalahan dan lainnya di Masjid dan Mushalla. KAN juga membantu pembangunan kemasyarakatan. Jika KAN sudah turun, tidak ada masalah yang tidak diselesaikan,” puji wako.
Sementara itu, Ketua tim penilai, Quartita Evari Hamdiana mengatakan, penilaian KAN berprestasi tingkat Provinsi Sumbar merupakan upaya evaluasi dan pbinaan KAN dalam rangka pelestarian nilai-nilai adat yang indak lapuak dek hujan indak lakang dek paneh dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
Adapun aspek yang akan dinilai adalah aspek kelembagaan mulai dari kantor, struktur organisasi, kelengkapan perkantoran. Kemudian aspek penyelenggaraan adat, aspek kompetensi serta aspek kerjasama antar lembaga kemasyarakatan dan lembaga lainnya.
Crew Prokomp : Deni, Eryx.