Wali Kota Solok Buka Pelatihan Dasar Google Workspace For Education

kota solok
SOLOK KOTA – Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar secara resmi membuka pelatihan dasar aplikasi Google Workspace for Education Tingkat SD dan SMP Kota Solok, di Aula Dinas Pendidikan Kota Solok, Senin (31/10/2022).

Turut hadir, Kepala Dinas Pendidikan Kota Solok, Rosavella YD, dan Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Solok, Amri Yulis beserta jajaran Dinas Pendidikan Kota Solok.

Pembukaan itu juga terhubung secara virtual dengan Technology Service Director Duta Digital Informatika, Julio Sanjaya, serta para guru se-Kota Solok.

Wako Zul Elfian Umar dalam sambutannya mengatakan, peranan teknologi tepat guna yang dapat menghubungkan guru dan siswa sehingga dapat berkomunikasi secara langsung walaupun di berbagai tempat yang berbeda-beda, sangat dibutuhkan sekali demi tercapainya tujuan pendidikan dan tujuan pembelajaran.

Untuk meminimalisir kesenjangan tersebut, sangat perlu memanfaatkan media dan teknologi pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan pada masa pandemi. Teknologi ataupun media pembelajaran yang digunakan mampu dan memiliki keunggulan seperti memiliki kelas maya, absen online, pelaksanaan pembelajaran dengan video streaming/tatap muka secara daring, dapat menilai tugas siswa secara langsung, tersedianya fasilitas yang dapat membantu siswa dan pendidik dalam hal mengupload dan download materi dan tugas pelajaran, serta tersedianya fasilitas forum diskusi sehingga interaksi antara pendidik dan peserta didik dapat terlaksana dengan baik dan juga komunikasi dapat berjalan dengan lancar sehingga dengan demikian dapat membantu mencapai tujuan pembelajaran.

“Keseluruhan kesenjangan-kesenjangan yang telah diuraikan tadi dapat diatasi dengan menggunakan fasilitas dari Google Workspace For Education yang memiliki sejuta manfaat yang dapat dipergunakan serta diterapkan dalam pelaksanaan pendidikan di Indonesia,” sebut wako.

Selanjutnya, wakosangat mengapresiasi kerjasama (MoU) antara Pemerintah Kota Solok dengan PT. Duta Digital Informasi (DUGI) yang nantinya akan menjalankan program digitalisasi sekolah di Kota Solok.

Diharapkan dengan adanya pelatihan dasar aplikasi Google Workspace for Education tingkat SD dan SMP dapat menambah penguasaan tekhnologi informasi, sehingga nantinya siswa juga dapat berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran yang lebih dinamis, kreatif dan inovatif.

Crew Prokomp : deni, eryx