Wako : Ayo ke Solok

JAKARTA – Wali Kota Solok H. Zul Elfian Umar didampingi Kepala Dinas Kominfo Heppy Dharmawan,SS M.Si, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Nurzal Gustim, SSTP, M.Si dan Kepala Bidang IKP Alwa Dudi, ST, MM, memenuhi undangan Kompas Media Grup/Kompas.com dalam audiensi tapping program “Nusa Raya”, bertempat di Studio Nusa Raya Kompas Gedung Kompas Gramedia, Gedung Unit II Lt 5, Jl Palmerah Selatan No 20-28, Jakarta Pusat, Senin (5/09).
Kehadiran Wako di Studio Nusaraya, beliau manfaatkan berbagi cerita seputar Kota Solok dibawah kepemimpinan beliau, seputar pariwisata dan pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi covid-19.
Bincang santai yang dipandu host Nusaraya, Meylis Maureen, Wako menyampaikan bahwa Pandemi sangat berdampak pada berbagai sektor, khususnya sektor ekonomi. Berbagai upaya dilakukan Pemkot Solok untuk melahirkan inovasi-inovasi guna mendorong pemulihan ekonomi.
“Ketika pandemi covid-19 melanda dunia yang juga berdampak kepada masyarakat Kota Solok, yang lebih terasa yakni dampak ekonomi. Tentunya upaya pemulihan ekonomi menjadi fokus pemerintah agar jangan sampai berlama lama masyarakat terpuruk ekonominya. Melalui dorongan yang intens kepada seluruh OPD untuk lebih memutar otak guna melahirkan inovasi-inovasi yang mampu berkontribusi dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi masyarakat” ungkap Wako.
Beliau sampaikan beberapa inovasi dilahirkan dalam masa pandemi dan pasca pandemi yang cukup membantu masyarakat dalam menghadapi kondisi ini, antara lain GEBUKSAKUKU (Gerakan Seribu Koin Untuk Saudaraku yang Kurang Mampu), PERAS SAKUKU (Pengumpulan Beras Untuk Saudaraku yang Kurang Mampu), LEMKADIRI (Lembaga Keuangan Di Rumah Ibadah}, PEKAT TERBUNTING (Pembiayaan Bagi Masyarakat Terjerat Bunga Tinggi), RAPI SAKUKU (Rantang Peduli Bagi Saudaraku yang Kurang Mampu).
Selain upaya pemulihan ekonomi yang diperbincangkan, juga tak luput Wako menyampaikan event Rang Solok Baralek Gadang yang akan digelar dalam waktu dekat, tepatnya 22 s.d 25 September 2022. Event tahunan Kota Solok yang telah masuk kalender Kharisma Event Nusantara.
“Kita mengundang sahabat nusaraya Ayo Ke Solok menyaksikan Rang Solok Baralek Gadang. Banyak rangkaian kegiatan yang akan digelar dalam event itu diantaranya ; Batulak Bala (Berdoa Menolak Musibah), Pameran UMKM dan Ekonomi Kreatif, Intalasi Jerami, Pasar Beras, Festival Layang-layang (6 Negara), Pertunjukkan Kesenian, Bazar Kuliner, Permainan Rakyat, Pawai Budaya, Tradisi Makan Baronjin” Ajak Zul Elfian Umar.
Prokomp