MTQ Nasional ke-40 Tingkat Kota Solok Resmi Dimulai

kota solok
SOLOK KOTA – Sebanyak 564 Kafilah utusan dari 13 Kelurahan se-Kota Solok berlaga dalam ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional Tingkat Kota Solok ke-40 Tahun 2022. Kafilah itu terdiri dari 298 orang peserta putra dan 268 orang peserta putri.

Dimulainya pelaksanaan MTQ kali ini ditandai dengan Pemukulan bedug oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi diwakili Asisten I Setda Provinsi Sumbar, Devi Kurnia, Kakanwil Kemenag Sumbar diwakili Kabid Penais Zawa, Yufrizal, Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar serta Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi diwakili Asisten I Setdaprov Sumbar, Devi Kurnia mengatakan, penyelenggaraan MTQ ini merupakan wujud keinginan dalam membumikan Al Quran serta menegakkan ajaran Islam. Dalam ajaran Islam, Al Quran merupakan pedoman hidup yang harus dipelajari dan diamalkan dalam kehidupan.

“Ajang ini akan menampilkan para kafilah putra dan putri terbaik Kota Solok untuk dikirim ke ajang MTQ Provinsi Sumbar nantinya,” sebut Devi.

MTQ bukan hanya sebagai ajang perlombaan, namun sebagai jalan agat semakin mencintai Al Qur’an dan meningkatkan kesadaran beragama dengan berlandaskan Adat Basandi Syara, Syara badandi Kitabullah.
“Para Qari dan Qariah ini merupakan para bibit manusia unggul yang berkepribadian Islami dan Qur’ani,” sebutnya.

Kakanwil Kemenag Provinsi Sumbar diwakili Kabid Penais Zawa, Yufrizal sangat mengapresiasi kepada Pemko Solok yang telah menyelenggarakan MTQ Kali ini. Alhamdulillah, Provinsi Sumatera Barat berada di Posisi 5 besar dari 34 provinsi di Indonesia dalam MTQ Nasional ke-29 Tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan beberapa waktu lalu.

“MTQ diharapkan bisa mengamalkan nilai-nilai Al Qur’an dalam kehidupan sehingga menciptakan generasi berakhlakul karimah. Tahun ini Sumbar juga akan menjadi tuan rumah MTQ Nasional Korpri. Semoga dapat berjalan sukses dan meraih prestasi,” sebutnya.

Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar dalam sambutannya mengatakan, MTQ Nasional Tingkat Kota Solok ini secara rutin kita selenggarakan setiap dua tahun sekali untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi yang tersirat dan tersurat dalam Al-Qur’an, sekaligus menemukan bakat-bakat potensial di Kota Solok untuk dikembangkan menghadapi MTQ Nasional Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023 nantinya.

Kita tentu berharap prestasi Kafilah MTQ Kota Solok di tingkat Sumbar akan mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Oleh karena itu, penyelenggaraan MTQ yang dipusatkan di Kecamatan Tanjung Harapan ini merupakan momentum untuk melakukan seleksi awal terhadap semua kafilah yang akan dipersiapkan untuk MTQ Nasional Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023 yang akan datang.

Pelaksanaan MTQ tidak hanya disikapi sebagai kegiatan rutinitas seremonial semata tetapi mampu menjadi momentum strategis mewarnai pelaksanaan pembangunan dan perilaku kehidupan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan nilai-nilai yang Qur’ani, sekaligus meningkatkan peran berbagai lapisan masyarakat untuk merealisasikan Visi dan Misi Kota Solok dalam rangka meningkatkan kualitas tatanan kehidupan masyarakat yang beriman dan bertaqwa.

“Semoga dengan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an ini kita akan mampu melahirkan generasi yang Qur’ani, keluarga yang sakinah dan taat kepada Allah SWT menuju Solok Kota Beras Serambi Madinah yang “Berjuara” (Berkah, Maju dan Sejahtera). Baldatun Thoyyibatun Wa Robbun Ghofur,” sebut wako.

Wakil Wali Kota Solok selaku Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra melaporkan, kegiatan bersyiar dakwah Islamiyah berupa MTQ ini merupakan salah satu event dan momentum mendekatkan diri kepada Kitab Suci Al Qur’an yang harus dijadikan pedoman dalam hidup dan kehidupan.

MTQ bukan sekedar kegiatan rutin untuk mempertunjukkan dan mempertandingkan seni baca Al Qur’an namun untuk mendekatkan umat kepada Al Qur’an melalui gerak, lisan, diiringi keshalehan demi mempertebal keimanan dan keislaman.

Adapun tujuan MTQ ialah untuk menyeleksi dan mempersiapkan Qari dan Qariah, Hafiz dan Hafizah serta Mufassir dan Mufassirah terbaik dari seluruh kelurahan se-Kota Solok untuk mewakili dan menjadi kontingen Kota Solok dalam ajang MTQ Nasional tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023.

MTQ ini juga diharapkan dapat menumbuh kembangkan gairah para generasi muda Islam agar lebih meningkatkan upaya untuk menggali, mengembangkan serta mencintai seni yang bernuansa Islam sekaligus melestarikannya sebagai aset budaya bangsa.

MTQ berlangsung selama empat hari, 21 sampai 24 sampai 24 Oktober 2022 dengan lokasi yang tersebar di wilayah Kecamatan Tanjung Harapan. Lokasinya antara lain, GOR Tanjung Paku, Masjid Nurul Huda Tembok Kelurahan Nan Balimo, Masjid Nurul Falah Kelurahan Tanjung Paku, Masjid Darussalam Kelurahan Nan Balimo, Masjid Raudhatul Jannah Kelurahan PPA.

Selanjutnya, Masjid An Nur Kelurahan PPA, Masjid Nurul Yaqin Kelurahan Kampung Jawa, Masjid Al Ihsab Kelurahan Tanjung Paku, SMPN 1 Kota Solok, SMPN 2 Kota Solok serta SMPN 3 Kota Solok.

MTQ kali memperlombakan 10 Cabang yakni Tilawah, Tartil, Tahfiz, MSQ, MFQ. Khutbah Jumat, Kaligrafi, Kitab Standar, Tafsir serta M2IQ.

Crew Prokomp : Deni, Eryx.