Jumat, Maret 29, 2024

Kota Solok Mandi Penghargaan

Must Read

JAKARTA – Bertambah satu lagi hasil kerja keras ASN Kota Solok yang diapresiasi Pemerintah Pusat. Untuk yang kesekian kalinya, hari ini berkat kerja dan kerjasama Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Solok dan tentunya berkat dukungan banyak pihak, Pemerintah Kota Solok meraih penghargaan Apresiasi Lembaga Penelitian 2018, dimana Badan Penelitian dan Pengembangan Pemerintah Kota Solok dinilai sebagai salah satu Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Berkinerja Utama.

Penghargaan dan apresiasi tersebut diserahkan langsung oleh Menristekdikti yang diwakili oleh Dirjen Kelembagaan IPTEK dan Dikti Patdono Suwignjo, diterima langsung oleh Walikota Solok Zul Elfian yang hadir didampingi Kepala Balitbang Kota Solok Ir. Raflis dan Kepala Penghubung dan Kerjasama Rantau Yopi Permana,SSTP,M.Si di ICE BSD Serpong Tanggerang, Kamis (13/12).

Dalam sambutannya, Menristekdikti pada acara yang dihadiri oleh beberapa Kepala Daerah, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kota/Kabupaten, Propinsi, serta Kementerian, mengatakan bahwa akan selalu mendorong seluruh lembaga penelitian di Indonesia untuk melakukan penelitian berdasarkan pada kanalisasi penelitian yang sudah dibuat pada Prioritas Riset Nasional Tahun 2017-2019. “Kanalisasi bertujuan supaya riset itu sesuai kebutuhan industri, sesuai kebutuhan masyarakat. Jangan sampai riset itu (hanya) keinginan peneliti itu sendiri,” ungkapnya

Prioritas Riset Nasional Tahun 2017-2019 disampaikan oleh Menristekdikti mencakup sepuluh fokus bidang, yaitu pangan/pertanian, energi: energi baru dan terbarukan, kesehatan: obat, transportasi, teknologi informasi dan komunikasi, pertahanan dan keamanan, material maju (advance material, seperti nanoteknologi), kemaritiman, kebencanaan, dan sosial humaniora dan seni budaya – pendidikan.

Selain menetapkan prioritas riset nasional, dalam memastikan Iptek berkontribusi dalam perekonomian Indonesia, Kemenristekdikti menyelenggarakan Program Pengembangan Pusat Unggulan Iptek (PUI), dimana lembaga litbang di Indonesia dapat mengusulkan diri agar dibina maksimal selama tiga tahun untuk menjadi Pusat Unggulan Iptek (PUI) atau Science and Techno Park (STP). Bagi lembaga litbang yang sudah menjadi PUI, pemerintah akan dorong hasil penelitian mereka dapat dikomersialisasikan.

Disisi lain, Walikota Solok Zul Elfian ungkap apresiasinya kepada seluruh pihak yang terkait yang berhasil memperoleh penghargaan tersebut,”Saya sangat mengapresiasi kepada seluruh pihak yang berkontribusi, pencapaian ini tak lepas dari kerja keras rekan-rekan dengan mewujudkan inovasi-inovasi baru” ungkap Zul Elfian.

Ia menambahkan “Harapannya, dengan adanya penghargaan dan pencapaian ini dapat memotivasi dan mendorong ASN serta OPD lainnya untuk selalu meningkatkan kinerja dan melakukan inovasi-inovasi terbaru yang bermanfaat terhadap pembangunan daerah kita” harapnya. (HumasPro)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest News

Wali Kota Solok Ceramah Ramadhan di Masjid Agung Al Muhsinin

SOLOK KOTA- Wali Kota Solok H. Zul Elfian Umar yang akrab di panggil Buya menjadi penceramah pada Sholat tarawih...

More Articles Like This