Kota Solok Berhasil Meraih Penghargaan Nirwasita Tantra 2021

JAKARTA – Pemerintah Kota Solok kembali meraih penghargaan, kali ini penghargaan Nirwasita Tantra 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Penghargaan ini diterima langsung oleh Wali Kota Solok H.Zul Elfian Umar, SH, M.Si pada tanggal 20 Juli 2022 bertempat di Gedung Manggala Wana Bakti di Jakarta.
Turut mendampingi Wako, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Zulkifli,SP, dan Jajaran, Kepala Bagian Umum Zulfadrim,SS,M.Sc dan Pranata Humas Ahli Muda Yopi Permana,S.STP,M.Si.
Melalui hasil penilaian dari Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) dimana Pemerintah Kota Solok menerima Penghargaan Nirwasita Tantra untuk Kategori Kota Kecil bersama dengan Kota Bukittingi, Kota Payakumbuh, Kota Padang Panjang dan Kota Magelang
Nirwasita Tantra merupakan penghargaan dari Pemerintah yang diberikan kepada Kepala Daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan dan/atau program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.
Dalam sambutannya, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Alue Dohong mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan penghargaan rutin yang diberikan setiap tahunnya sebagai motivasi bagi Pemerintah Daerah dalam mengambil kebijakan kebijakan yang dapat menjaga keberlangsungan lingkungan hidup.
“Penghargaan ini sekaligus jawaban atas siapa pemimpin yang bisa menjadi pelopor yang mampu menjaga lingkungan, menjawab segala permasalahan lingkungan hidup dengan solusi yang tepat berdasarkan ketentuan hukum yang dipadukan dengan kearifan lokal serta sinergi dengan peningkatan kesejahteraan masyarakatnya” tuturnya.
Disisi lain, Wali Kota Solok menyampaikan, penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas eksistensi Pemerintah Daerah dalam melaksanakan pembangunan yang hijau dan berwawasan lingkungan dan sampai kapanpun pemerintah daerah tetap akan menjaga komitmen ini, sehingga dimasa yang akan datang Kota Solok akan menjadi kota dengan ekosistem ramah lingkungan dan sebaliknya lingkungan yang mampu memberikan dampak positif pada segala aspek kehidupan masyarakatnya.
“Penghargaan ini tentunya juga menjadi semangat baru lagi bagi kami bersama jajaran agar selalu berinovasi dan bekerja lebih baik lagi kedepannya dan tentunya ini semua tidak terlepas atas dukungan DPRD dan masyarakat Kota Solok ucap wako.
Crew Prokomp : Penghubung, suci, adc erik