Wako Hadiri Rakortas Dengan Gubernur

PADANG – Dalam rangka koordinasi, pembinaan dan penyamaan persepsi antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota di Sumatera Barat, dilaksanakan Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se Sumatera Barat, bertempat di Auditorium Gubemuran.
Rakortas yang dipimpin Gubernur Sumatera Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah didampingi Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat H. Irsyad Syafar dan Sekretaris Daerah Provinsi Hansastri, SE.AK,MM, Ketua KPU dan Bawaslu serta dihadiri Kepala OPD terkait dlingkup Pemprov Sumatera Barat.
Wali Kota Solok hadir bersama Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. H. Nova Elfino dan OPD terkait, membahas 3 (tiga) agenda yakni :
a. Pelaksanaan PORPROV ke XVI;
b. Pengelolaan sampah di Provinsi Sumatera Barat;
c. Dukungan Pemerintah Daerah terhadap penyelenggaraan PILKADA serentak Tahun 2024.
Terkait agenda pelaksanaan Porprov XVI yang telah mengalami beberapa kali penundaan.
Wako dalam kesempatan itu sepakat tidak ada lagi penundaan Porprov. Disamping juga akan dilaksanakan Porwil Pra PON. Karena juga akan mengganggu pencapaian prestasi daerah.
“Saya menyarankan jika Kota Padang Panjang tidak siap melaksanakan 35 Cabor yang direncanakan, kira dilibatkan daerah terdekat untuk ikut melaksanakan cabor yang tidak dilaksanakan Kota Padang Panjang” ungkap Wako.
Terkait dukungan penyelenggaraan Pilkada serentak 2024, beliau juga menyatakan dukungannya karena bagaimanapun juga telah menjadi tugas. Namun, beliau mengingatkan kondisi keuangan setiap daerah sangat penuh keterbatasan salah satunya akibat pandemi covid-19. Oleh karenanya sangat diperlukan efisiensi anggaran serta perlu penetapan standar, sehingga setiap daerah dapat memiliki ukuran yang jelas.
Dari rakortas disepakati tuan rumah penyelenggaraan Porprov XVI yakni : Kota Padang Panjang dan Kota Padang.
Diakhir rakor juga dilakukan penandatangan rumusan hasil rakortas oleh Gubernur, Bupati dan Walikota.
Crew Prokomp : adc donal