Sesbalitbang Kementan Balas Kunjungan Wako Solok

SOLOK KOTA – Wakil Wali Kota Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra didampingi Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. H. Nova Elfino, Kepala Bappeda Dr. Desmon, Kepala Dinas PUPR Afrizal, M.Eng, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Nurzal Gustim, SSTP,M.Si serta Jajaran Dinas PUPR Kota Solok, menerima kunjungan Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Dr. Haris Syahbuddin, DEA, bersama Kepala Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), Dr. Ir. Evi Savitri Iriani, M.Si, Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PVTPP) Kementerian Pertanian, Prof. Dr.Ir. Erizal Jamal, MSi dan Jajaran, bertempat di Kediaman Resmi Wawako, Kamis (26/05).
Kunjungan Sesban ke Kota Solok merupakan tindak lanjut dari kunjungan Wali Kota Solok ke Gedung Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian, Jalan Raya Ragunan No. 29 Kecamatan Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Kamis (21/4) lalu. Yakni terkait permohonan hibah dari Pemerintah Kota Solok terhadap lahan yang akan dimanfaatkan untuk kelanjutan proses pembangunan Jalan Lingkar Utara (JLU) Banda Panduang – Saok Laweh yang masih tersisa sedikit lagi.
Wawako dalam sambutan selamat datangnya menyampaikan salam maaf dari Wali Kota yang seyogyanya menerima langsung kunjungan balasan Sesban dan rombongan ke Kota Solok.
“Titip salam maaf dari bapak Wako Zul Elfian Umar yang semestinya beliau yang akan menyambut langsung, namun dikarenakan ada kegiatan HUT APEKSI di Lampung, sehingga dengan tidak mengurangi rasa hormat beliau tugaskan kami untuk menyambut pak Haris dan Jajaran. Selamat datang di Kota Solok Kota Beras Serambi Madinah dan Terima kasih yang tak terhingga kami sampaikan atas respon yang cepat atas harapan kami yang disampaikan Wako beberapa waktu lalu di Jakarta. Semoga kunjungan pak Sesban ini merupakan sinyal positif atas permohonan kami tersebut” ungkap Wawako.
Lebih lanjut Wawako mengatakan, apabila JLU itu selesai dan bisa berfungsi, akan berdampak sangat baik bagi Kota Solok. “Saat ini jalur kendaraan masih melintas memasuki jalan utama Kota Solok. Jika Jalan Lingkar Utara selesai, maka arus kendaraan dapat dialihkan kesana,” sebut Wawako.
Selain itu, dengan terbukanya akses JLU tersebut tentunya akan semakin berkembanglah kawasan Laing kedepannya dan sederet rencana telah disiapkan untuk pengembangan selanjutnya.
“Kedepan kawasan tersebut bisa betul-betul termanfaatkan dengan baik untuk hal yang nantinya bisa menjadi pusat pertumbuhan baru. Selain itu, keberadaan IP2TP akan semakin lebih sangat bermanfaat bagi masyarakat Kota Solok. Seperti dapat dijadikan kawasan Agro Wisata, tempat edukasi yang dikombinasikan dengan konsep wisata. Bahkan bisa dijadikan Bumi Perkemahan nantinya. Jika Balitbangtan izinkan tentunya pemerintah kota akan sangat menyambut baik” jelas Dhani.
Sementara itu, Haris Syahbuddin menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan hangat Wawako dan jajaran, beliau menyampaikan kunjungannya merupakan perintahan Kepala Badan Litbangtan untuk menindaklanjuti kunjungan Wako beberapa waktu lalu ke Balitbangtan.
“Kepala Balitbangtan telah memberikan sinyal positif atas permohonan yang diajukan Pemerintah Kota Solok. Salah satu buktinya kami ditugaskan untuk menindaklanjutinya. Semoga kedepan dapat berjalan lancar serta dapat terealisasi seperti yang diharapkan” ungkap Haris.
Menanggapi rencana yang disampaikan Wawako kedepan dengan terbukanya akses JLU nantinya, beliau sangat menyambut baik bahkan langsung merespon dengan mendorong pemko solok untuk mulai melakukan percepatan sehingga rencana pemko dapat terwujud dan pada prinsipnya beliau mendukung.
“Dengan terwujudnya rencana pemerintah kota solok kedepan tentunya juga berkorelasi dengan peningkatan eksistensi keberadaan IP2TP Laing ini. Sehingga dapat ikut membantu kesejahteraan masyarakat Kota Solok khususnya” ungkap Sesban.
Wawako langsung mendampingi Sesban dan rombongan ke lokasi lahan yang diajukan untuk dihibahkan menjadi lanjutan JLU serta menyempatkan juga berkunjung ke IP2TP Laing.
Crew Prokomp : Ak21, rivo