Peringati HUT Kota Solok ke-51, Wako Harapkan Kota Solok Maju.

SOLOK KOTA – Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Sumatera Barat bersama DPRD Kota Solok mengadakan Rapat Paripurna dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kota Solok yang ke-51 tahun 2021, bertempat di Gedung Kubuang Tigo Baleh Kota Solok, Rabu (16/12).
Rapat Paripurna ini dihadiri Gubernur Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan Devi Kurnia, Wali Kota Solok Zul Elfian Umar, SH, M.Si, Wakil Wali Kota Solok Dr.Ramadhani Kirana Putra, Ketua DPRD Kota Solok Hj.Nurnisma dan seluruh anggota DPRD Kota Solok, dan Mantan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solok, Forkopimda Kota Solok, Ketua PN, Ketua PA, Ketua TPP-PKK Kota Solok, Ketua GOW Kota Solok, Kepala OPD, Camat dan Lurah se-Kota Solok, Tokoh Adat, dan Tokoh Masyarakat. Selain itu juga dihadiri undangan dari luar Kota Solok diantaranya mewakili Bupati/Wali Kota se Sumatera Barat dan Provinsi tetangga serta Kepala BPKP Perwakilan Sumatera Barat, Pimpinan Bank Indonesia, Kepala OJK, Direksi Bank Nagari Sumbar.
Nurnisma selaku Pimpinan DPRD Kota Solok membuka secara resmi rapat Paripurna dalam rangka peringatan hari jadi Kota Solok ke 51 tahun 2021. “Dengan semangat hari jadi kota ini mari jadikan motivasi untuk berinovasi dalam membangun ekonomi kota yang kita cintai ini, kegiatan ini diharapkan jadi introspeksi diri dalam mengevaluasi diri, apakah kualitas publik selama ini sudah diharapkan oleh masyarakat” ucapnya.
Wali Kota Solok Zul Elfian Umar, SH, M.Si diawal sambutannya mengucapkan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh tamu undangan yang berkesempatan hadir dalam rapat paripurna kali ini.
Wako menjelaskan dalam pelaksanaan pembangunan Kota Solok, menurutnya kedepan masih banyak tantangan yang harus dihadapi untuk meraih masa depan yang lebih baik lagi. “Alhamdulillah dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kota Solok telah tercipta iklim yang kondusif, tata kelola pemerintahan yang baik dan berani berinovasi, pelayanan publik yang semakin mudah,” ucapnya.
Zul Elfian Umar mengatakan juga terjadi penurunan tingkat kemiskinan, pelestarian adat dan budaya, pendidikan yang berkualitas, suasana agamais yang menyejukkan, dan potensi wisata yang semakin digenjot. ”Peringatan Hari jadi Kota Solok ini tentu menjadi momentum untuk kita bersama untuk introspeksi diri, ini merupakan peringatan pertama dalam periode kepemimpinan Zul Elfian Umar dan Ramadhani kirana Putra, kami harap kepada seluruh opd dan masyarakat selalu mendukung kami dan saling bergandengan tangan dalam pembangunan Kota kita” harap Wako.
Disisi lain, Gubernur Sumatera Barat dalam hal ini diwakili oleh mengucapkan selamat hari jadi kepada Kota Solok yang ke-51. “Kami berharap melalui peringatan ini dapat menjadikan Kota Solok lebih baik lagi dari tahun – tahun sebelumnya untuk pemulihan di sektor ekonomi, pendidikan dan seluruh aspek yang ada di masyarakat” tuturnya.
Ia akui selama ini program-program kota solok telah mampu memberikan dampak yang signifikan pada perkembangan pembangunan di Kota Solok “Berbagai capaian dan keberhasilan yang diraih tentunya hanya dapat dicapai oleh kerja keras, keseriusan dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat yang ada di Kota Solok. Namun demikian, berbagai capaian dan keberhasilan tersebut masih perlu ditingkatkan kembali, dan sekaligus akan menjadi tantangan tersendiri bagi kita dalam menghadapi permasalahan yang lebih kompleks di masa yang akan datang” ungkapnya.
ia juga menjelaskan bahwa kunci sukses sebuah daerah tersebut meliputi kepala daerah dan dprd harus selalu bersinergi, jangan sampai kepala daerah dan dprd tidak harmonis, menciptakan program inovatif untuk menjawab permasalahan masyarakat, partisipasi masyarakat dan perantau, melinatkan masyarakat dan perantau juga hal yang peting dalam peran hal percepatan pembangunan di daerah.
Peringatan Hari jadi Kota Solok ke-51 ini ditutup dengan pemotongan kue oleh Wali Kota Solok didampingi Wakil Wali Kota Solok, DPRD Kota Solok, Unsur Forkopimda, di hadapan tamu undangan yang hadir pada peringatan tersebut.
Crew Prokomp: Eryx, Deni, AK21, Rivo, Suci, Fatih Haydar