Wawako Tinjau Sumber Mata Air Batang Imang Payo

SOLOK KOTA – Wakil Wali Kota (Wawako) Solok, Dr.Ramadhani Kirana Putra, meninjau sumber mata air Batang Imang Payo, Kelurahan Tanah Garam, Rabu (13/10).
Turut mendampingi wawako, RW dan RT Payo, serta beberapa perangkat Kelurahan Tanah Garam.
Wawako Dr.Ramadhani Kirana Putra mengatakan, Sumber mata air Batang Imang yang berada di Alam Bukit Rimbo Payo ini berpotensi untuk mengaliri irigasi persawahan yang ada di kawasan Tanah Garam, dimana saat ini sebagian diantaranya masih sawah tadah hujan.
Lahan sawah tadah hujan adalah lahan yang memiliki pematang namun tidak dapat diairi dengan ketinggian dan waktu tertentu secara kontinyu. Oleh karena itu, pengairan lahan sawah tadah hujan sangat ditentukan oleh curah hujan sehingga risiko kekeringan sering terjadi pada daerah tersebut pada musim kemarau.
“Potensi sumber mata air Batang Imang Payo ini akan kita coba maksimalkan untuk mengairi sawah-sawah petani di Kelurahan Tanah Garam,” sebut wawako.
Selain itu, wawako juga akan upayakan sumber air ini dapat menambah volume debit air baku di Kota Solok. “Pemko Solok bersama PDAM Kota Solok akan melakukan kajian dan riset lebih lanjut, semoga dengan ini kebutuhan debit air baku di Kota Solok akan semakin banyak dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat,” tutup wawako.
Crew Prokomp : Deni