Kelurahan Tanjung Paku Dinilai Tim Provinsi

SOLOK KOTA – Kelurahan Tanjung Paku, Kecamatan Tanjung Harapan, mewakili Kota Solok dalam pemilihan kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021.
Kedatangan Ketua Tim Penilai Azwar beserta rombongan, disambut oleh Wakil Wali Kota Solok Dr. Ramadhani Kirana Putra didampingi Asisten II Sekda Kota Solok Jefrizal, S.pt, MT. di Balai Kota Solok sebelum menuju lokasi penilaian yakni Kantor Lurah Tanjung Paku, Kamis (17/6).
Turut hadir, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Solok Delfianto, Camat Tanjung Harapan Zulkarnaini, serta OPD terkait lainnya.
Jefrizal dalam sambutannya, mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilai Kelurahan Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021.
Tentunya, kehadiran tim penilai saat ini sangat memberikan makna, khususnya terkait dengan upaya kita bersama untuk senantiasa meningkatkan kapasitas pembangunan di tingkat kelurahan, yang diarahkan pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Pemerintah Kota Solok secara kontinyu melakukan kegiatan penilaian kelurahan berprestasi. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menjalankan kewajiban Kami dalam rangka pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan kelurahan. Selain itu, penilaian kelurahan berprestasi pada hakekatnya dimaksudkan untuk menguatkan kerukunan masyarakat, melalui partisipasi, kerja sama serta kemandirian masyarakat dalam pembangunan kelurahan, yang tandai dengan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat di bidang ekonomi, sosial budaya, sosial politik, serta terpeliharanya lingkungan hidup yang mendukung pembangunan berkelanjutan.
Keberhasilan yang diraih Kelurahan Tanjung Paku dalam penilaian kelurahan tingkat Kota Solok, merupakan wujud keberhasilan pemerintahan kelurahan beserta warga masyarakat dalam meningkatkan seluruh aspek kehidupan bermasyarakat dan pembangunan, sarana dan prasarana baik sarana kelurahan, pendidikan dan kesehatan serta peningkatan kualitas ekonomi di kelurahan.
“Oleh karena itu, Kelurahan Tanjung Paku Kecamatan Tanjung Harapan kami pandang layak untuk mewakili Kota Solok dalam penilaian kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021,” sebutnya.
Beberapa indikator penting dari Kelurahan Tanjung Paku, sehingga layak untuk meraih predikat terbaik dalam penilaian kelurahan berprestasi tingkat kota, terutama yang terkait dengan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan di kelurahan, diantaranya, yaitu: 1. Bidang pendidikan, yakni dukungan terhadap PAUD Anakku Sayang yang mewakili Kota Solok dalam penilaian Forikan Tingkat Propinsi Sumatera Barat pada Tahun 2019. Selain pendidikan formal, Kelurahan Tanjung Paku juga mendukung penuh terhadap kemajuan pendidikan in-formal seperti pembelian pakaian seragam drum band untuk anak-anak MDA.
2. Bidang Kesehatan masyarakat, diwujudkan dengan melaksanakan rehab posyandu, pelaksanaan Posyandu dan Posyandu Lansia setiap bulannya, pelatihan atau pembinaan Kader Posyandu, sosialisasi penyalahgunaan narkoba, PHBS dan Iva Test.
3. Bidang Ekonomi masyarakat; dengan melaksanakan pelatihan membatik, pelatihan membuat kue, kegiatan SEMAJUBER (Sedekah Makanan Jumat Berkah), dan SUMAKIN (Sumbangan untuk Masyarakat Miskin).
4. Bidang Keamanan dan Ketertiban Masyarakat; diantaranya melalui penyampaian himbauan Walikota terkait PEKAT kepada masyarakat dan dengan membentuk Satgas Penyebaran Covid-19.
5. Bidang Partisipasi Masyarakat/ Kewilayahan terlihat dengan adanya pembagian sembako, pelaksanaan gotong royong dan siskamling secara rutin dan berkala.
6. Bidang Pemerintahan, salah satunya dengan adanya website, Facebook, Instagram dan Papan Informasi Kelurahan Tanjung Paku.
7. Lembaga Kemasyarakatan, dengan dilaksanakannya sosialisasi terkait njilai-nilai adat, budaya dan agama.
“Berdasarkan hal tersebut, tentunya kami memiliki keyakinan, seluruh anggota tim sependapat dengan penilaian yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Solok, atas keberhasilan capaian kinerja Kelurahan Tanjung Paku Kecamatan Tanjung Harapan. Sehingga tidaklah berlebihan apabila pada saatnya nanti kami berharap, Kelurahan Tanjung Paku Kecamatan Tanjung Harapan mendapatkan predikat terbaik dalam Penilaian Kelurahan Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021,” tutup Jefrizal.
Crew Prokomp : Deni, Eryx.