Wako Buka POIN Kota Solok

SOLOK KOTA – Memeriahkan peringatan hari jadi emas Kota Solok ke 50, Pemerintah Kota Solok menggelar EksPO INovasi (POIN) tahun 2020 yang dibuka secara resmi oleh Wali Kota Solok Zul Elfian, di Istiqal Park. Senin (14/12).
Hadir pada kesempatan itu Kepala Pusat Inovasi Administrasi Negara LAN RI Dra. Isti Heriani, MBA, Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri Dr. Kurniasih, SH., M.Si, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Solok, Sekretaris Daerah Kota Solok Syaiful A, Ketua Dekranasda Kota Solok Ny. Zulmiyetti Zul Elfian, Ketua LKAAM Kota Solok H.Rusli Khatib Sulaiman, Ketua Bundo Kanduang Kota Solok Sitta Novembra, serta seluruh kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Solok.
Wali Kota Solok Zul Elfian dalam sambutannya mengatakan, POIN ini merupakan salah satu rangkaian agenda Pemerintah Kota Solok yang memang sengaja dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Solok yang tahun ini memasuki usia yang ke 50. Jadi tahun ini merupakan ulang tahun emas bagi Pemerintah Kota Solok yang resmi berdiri pada tahun 1970 yang lalu.
“Kegiatan POIN Kota Solok tahun 2020 ini merupakan kegiatan pengembangan dari Display Inovasi yang sukses pada tahun 2018 yang lalu. Kalau pada kegiatan terdahulu masyarakat dapat mengunjungi langsung Display Inovasi yang telah dibuat oleh para peserta yang dipamerkan pada stand-stand yang telah disediakan. Tetapi, pada kegiatan ekspo Inovasi kali ini masyarakat umum tidak diperbolehkan datang ketempat-tempat pameran inovasi mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19. “ungkap Wako.
Beliau juga menyampaikan bahwa hal ini tentu saja untuk menjaga masyarakat itu sendiri dari potensi tertular virus Covid-19.
“Oleh karena itu, Pemerintah Kota Solok tetap berkomitmen untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan menghindari kerumunan masa yang sangat rentan dalam penularan virus Covid-19. Namun demikian, masyarakat bisa menyaksikan kegiatan ini melalui live streaming (youtube, videotron)” pungkas Zul Elfian.
Dalam kesempatan itu diakhir sambutannya wako menyampaikan apresiasinya dan ucapan terimakasih kepada Panitia serta peserta yang telah bahu membahu dan bekerja sama dengan baik sehingga agenda eksPo INovasin tahun 2020 ini dapat terselenggara dengan baik, dalam rangka tercapainya program-program pemerintah Kota Solok yang innovation based-service demi pelayanan pemerintahan daerah yang lebih baik (excellent service) dalam mensejahterakan masyarakat dan mewujudkan Kota Solok yang sejahtera dan diberkahi Allah SWT.
Sebelumnya Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Solok selaku Ketua Pelaksana Marwis, SE,MM dalam laporannya menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkembangkan serta menjaga keberlangsungan (sustainability) ekosistem inovasi di Kota Solok. Sehingga dengan demikian, eksPO INovasi ini dapat menjadi ajang terciptanya inovasi-inovasi kreatif dari para aparatur dan masyarakat Kota Solok, dengan harapan dapat berdampak pada peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat Kota Solok secara Keseluruhan. Kegiatan Display dan eksPO INovasi Kota Solok tahun 2020 ini mendapatkan dukungan penuh dari LAN-RI dan BPP Kemendagri.
“Keikutsertaan para peserta eksPO INovasi sekaligus untuk mengikuti Konvensi Inovasi yaitu adanya penilaian Stand dan proposal dari inovasi yang diajukan, dimana pada kegiatan sebelumnya peserta hanya dari OPD se-Kota Solok. Namun pada kegiatan kali ini peserta juga mengikutkan Instansi Vertikal di wilayah Kota Solok, dengan Tim Penilai yang kita kerjasamakan dengan LAN-RI dan BPP Kemendagri” jelas Marwis.
Diujung acara dilakukan pemukulan gong dan pelepasan balon ke udara sebagai tandai dimulainya kegiatan ekspo dan dilanjutkan dengan peninjauan Stand oleh Wali Kota Solok bersama undangan.
Crew Prokomp : Eryx, Ak21 dan Deni