Wako Ikuti Vicon Tantanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19

SOLOK KOTA – Wali Kota Solok Zul Elfian di dampingi Kepala Badan Litbang Marwis, mengikuti Video Conference (Vicon) tantanan normal baru produktif dan aman Covid-19, bertempat di e-Gov Monitoring Room Balaikota Solok, Jum’at (29/05).
Vicon tersebut, terhubung dengan Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani, Menteri Kesehatan dr.Terawan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo, serta seluruh Gubernur, Bupati/Wali Kota seluruh Indonesia.
Mendagri Tito Karnavian mengatakan, akan mengadakan Program lomba Inovasi Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 untuk Daerah-daerah, dengan kriteria 7 sektor yaitu, Pasar Tradisional C-19, Pasar Modern C-19, Restoran C-19, Hotel C-19, PTSP C-19, Sektor Pariwisata C-19, Transportasi Umum C-19.
“Ini membutuhkan Produktivitas dan Inovasi masing-masing daerah, karena 7 sektor tsb telah ada di masing-masing daerah di Indonesia. Nantinya yang akan memenangkan juga diberikan alokasi dana DID, Juara I sebesar 3M, Juara II sebesar 2M, Juara III sebesar 1M untuk masing-masing sektor” terang Tito.
Selanjutnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, kita sangat mendukung program yang disampaikan oleh Bapak Mendagri tentang Tantanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19.
“Kita semua tau bahwa Pandemi Covid-19 mempengaruhi seluruh aspek kehidupan masyarakat, respon selama 3 bulan terakhir ini menimbulkan suatu kondisi yang mempengaruhi keseluruhan sendi kehidupan. Bapak Presiden Jokowi sudah menyampaikan bahwa kita perlu untuk memulai menata “New Normal” Melalui berbagai inovasi-inovasi. Nah ini perlu kita dukung yang tadi disampaikan oleh Bapak Mendagri” ungkap Mulyani
Beliau juga menjelaskan bahwa New Normal ini berbeda di masing-masing daerah, zona hijau, zona kuning, dan zona merah, tapi tetap harus melaksanakan aturan protokol kesehatan, untuk memulihkan sektor kita harus aman covid-19.
“Dalam situasi saat ini kami juga menyediakan dana insentif tambahan sebesar 5 triliun, dana ini juga di alokasikan untuk penghargaan pemenangan lomba inovasi-inovasi 7 sektor tadi dan juga untuk daerah yang melakukan berbagai design pemulihan ekonomi dan kondisi kesehatan masyarakat, kita juga menyediakan dana cadangan DAK fisik sebesar 9,11 Triliun untuk program program padat karya” tutup Menteri Keuangan Sri Mulyani.
Crew Prokomp : Eryx, Ak21