Hari Pertama Pasar Raya Kota Solok Tutup

SOLOK KOTA – Untuk memastikan para pedagang di Pasar Raya Kota Solok berada dalam situasi yang aman dari wabah Covid-19, Wakil Wali Kota Solok sekaligus Ketua Satgas Penegak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Reinier, meninjau langsung sterilisasi Pasar Raya Kota Solok yang akan disemprot dengan disinfektan, Sabtu (2/5). Turut mendampingi, Anggota DPRD Kota Solok Leo Murphy dan Irwan Sariijn.
Reinier menyebutkan, sterilisasi Pasar Raya Kota Solok adalah sebuah upaya pemerintah memberikan perlindungan kepada masyarakat, karena memang pandemi Covid-19 di Provinsi Sumatera Barat saat ini semakin meningkat. Penutupan pasar selama dua hari, Sabtu (2/5) dan Minggu (3/5) ini juga telah melalui berbagai pertimbangan, mengingat Pasar Raya Kota Solok semakin hari semakin ramai, tentu ini sangat beresiko penyebaran wabah Covid-19.
Apalagi, dari hasil analisa Pemerintah Kota Solok, Pasar Raya Kota Solok saat ini menjadi tumpuan dari pasar-pasar satelit yang ada di sekitar Kota Solok yang telah tutup. “Oleh karena itulah, kami mengambil keputusan berani untuk benar-benar melindungi masyarakat. Kita tidak ingin dipandang tidak mau tau dengan situasi ini,” sebut Reinier.
Terlebih lagi, saat ini merupakan Bulan Ramadhan, bulan yang ditunggu-tunggu oleh para pedagang. Namun, apabila kita lalai, nantinya juga akan dikira sebagai bentuk pembiaran. “Kita telah memberikan sosialisasi di tengah-tengah masyarakat. Alhamdulillah saat ini kita melihat para pedagang dapat memaklumi maksud pemerintah dengan menutup toko-tokonya. Mudah-mudahan dalam waktu dua hari ini, kita akan dapat selesai menyemprot disinfektan secara merata di seluruh Pasar Raya Kota Solok,” sebut Wawako.
Sementara itu, Anggota DPRD Kota Solok Leo Murphy mengatakan, pihak DPRD sangat mendukung program pemerintah dalam rangka mensterilkan Pasar Raya Kota Solok selama 2 hari ini dengan penyemprotan disinfektan. Ini merupakan suatu upaya untuk menyelamatkan masyarakat Kota Solok dari wabah Covid-19.
Leo menghimbau kepada masyarakat untuk bersabar dan menahan diri, mudah-mudahan Bulan Ramadhan ini wabah Covid-19 cepat berlalu.
Dari pantauan dilapangan, toko-toko di Pasar Raya Kota Solok hampir semuanya tutup. Semua akses jalan dari segala sisi menuju pasar raya Kota Solok juga telah ditutup oleh tim gabungan Satgas Covid-19 Kota Solok.
Sebelumnya juga Wali Kota Solok Zul Elfian didampingi Asisten Bidang Pemerintahan Drs. Nova Elfino dan Asisten Ekonomi Pembangunan Jefrizal, S.Pt, MT serta Kepala OPD terkait telah meninjau Pasar Rakyat Solok.
Peninjauan kedua pimpinan daerah ini dilanjutkan ke Pasar Syariah Abdurrahman Bin Auf Terminal Bareh Solok sekali memberikan arahan kepada seluruh Kepala OPD guna percepatan pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kota Solok.
Crew Prokomp : Deni, Eryx