Penjabat Sekretaris Daerah Kota Solok Diambil Sumpah Jabatannya

SOLOK KOTA – Kekosongan Sekretaris Daerah Kota Solok yang sempat ditunjuk Pelaksana Tugas. Setelah adanya rekomendasi Gubernur Sumatera Barat pagi ini dilangsungkan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Penjabat Sekretaris Daerah yang diemban rangkap oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Nova Elfino. Acara dilaksanakan di Aula Balitbang, Selasa (21/1).

Bertindak sebagai saksi yaitu Saksi yakni Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Jefrizal, S.Pt. MT dan Kepala Inspektorat Kenfilka, SH, MH. Turut hadir dalam Pelantikan tersebut Wakil Wali Kota Solok Reinier, seluruh Kepala OPD dilingkup Pemerintah Kota Solok.

Setelah Pelantikan, kegiatan dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi Pejabat Pemerintah Daerah Kota Solok.

Didampingi Wawako, kepada Penjabat Sekda Wali Kota berpesan untuk dapat segera melakukan konsolidasi dan koordinasi terkait tugas yang diembankan kepada penjabat dan kepada seluruh OPD Wako juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan open bidding jabatan sekda.

“Pada forum ini saya sampaikan kepada seluruh pejabat eselon 2 silahkan untuk ikut berkompetisi dalam open bidding sekda. Untuk kali ini memang kita buka untuk kalangan internal” ungkap Zul Elfian.

Seakan menepis kekhawatiran para pejabat eselon 2 untuk ikut open bidding sekda karena sudah diakhir periodenya sebagai kepala daerah dan masa pilkada, wako menyampaikan untuk tidak perlu di khawatirkan karena udah aturannya ASN netral dalam melaksanakan tugas.

“Siapa yang akan menjadi pimpinan bapak ibuk sudah ada ketetapan dari Allah. InsyaaAllah sebagaimana yang kita lihat bersama semua kandidat yang akan berkompetisi merupakan putera solok terbaik dan semuanya punya hubungan baik dengan kita semua. Untuk itu mari bapak ibuk fokus dengan tugas yang sudah diamanahkan dan kami (red:wako-wawako) tentunya punya janji yang harus dituntaskan disisa masa jabatan kami yang bapak ibuk OPD realisasikan,” ungkap Wako.

Wako juga berpesan kepada seluruh Kepala OPD untuk senantiasa menjaga hubungan dengan Allah sebagaimana yang selalu beliau ingatkan di setiap kesempatan terutama ketika safari fajar setiap Jumat pagi.

“Saya khawatir ketika safari fajar jika tidak melihat wajah bapak ibuk ‘apa dalam keadaan sakit?’, oleh karena itu sengaja saya mengajak kita semua untuk menjaga hubungan dengan Allah, karena jika baik hubungan dengan Allah, InsyaaAllah yang lainnya kita akan dimudahkan dan senantiasa dalam lindungan-Nya” ungkap wako.

Untuk pelaksanaan program kegiatan 2020 yang merupakan tahun diakhir masa jabatannya, Wako menyampaikan penegasan kepada seluruh kepala OPD untuk tetap serius dalam pelaksanaan tugas mengingat target-target kinerja yang harus dituntaskan di periode beliau.

“Saya bersama pak wakil akan selalu pantau kinerja bapak ibuk. Jangan berfikir karena saat ini ada pengalih perhatian kami pilkada sehingga kami akan lupa. Untuk itu saya ingatkan, tiga bulan kedepan akan kita evaluasi apa yang menjadi pesan dan harapan serta target yang telah diamanahkan pada bapak ibuk”, tegas Zul Elfian.

Untuk itu beliau mengingatkan seluruh kepala OPD untuk konsolidasi kedalam dan koordinasi keluar baik itu dengan Pemerintah Provinsi, Pusat dan komunikasi dengan jajaran internal sendiri jangan diabaikan.

Wako juga menyampaikan adanya penundaan beberapa program kegiatan di OPD dikarenakan kondisi keuangan 2020 yang defisit, diharapkan OPD bersama TAPD dapat menyikapi dengan bijak, apalagi tahun 2020 telah ditetapkan visit kota solok.

Untuk inovasi, Zul Elfian kembali ingatkan untuk seluruh OPD jangan berhenti karena direncanakan pada bulan Maret yang akan datang akan kembali di di drum up oleh pihak LAN RI. “Perlu bapak ibuk ketahui bahwa berkat 158 inovasi yang kita launching 2 tahun yang lalu kita di apresiasi oleh kemendagri pada tahun 2018 peringkat 7 kota se Indonesia sebagai Kota Terinovatif dan satu-satunya kota di Sumatera. Dan Alhamdulillah tahun ini kita di reward Dana Insentif Daerah 4,5 milyar atas pencapaian itu” terangnya.

Oleh karena pada akhir arahan beliau kembali berpesan kepada seluruh OPD untuk jangan berhenti berinovasi, bahkan beliau meminta minimal 2 inovasi setiap OPD untuk di drum up Maret mendatang.

#solokkotaberasserambimadinah
#visitkotasolok2020

prokomp crew: Suci, Jamalis, AK21