Pembangunan Bantaran Sungai Batang Lembang Dilanjutkan

SOLOK KOTA – Wakil Wali Kota Solok Reinier, menggelar pertemuan guna membahas kelanjutan proyek pengendalian banjir sepanjang bantaran Sungai Batang Lembang, serta proyek pembangunan kembali Masjid Al Hidayah Kelurahan VI Suku, Bertempat di Masjid Al Hidayah Kelurahan VI Suku, Jumat (10/1)

Hadir langsung, pejabat dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Nur, Kepala Dinas PUPR Kota Solok Afrizal, Kepala Dinas Perkim Kota Solok Jusmardi, Lurah VI Suku Riko Budiawan, kontraktor proyek, serta tokoh masyarakat VI Suku.

Reinier menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh unsur terkait yang telah hadir, dimana tujuan pertemuan ini guna melanjutkan proyek pengendalian banjir sepanjang bantaran Sungai Batang Lembang dan pembangunan kembali Masjid Al Hidayah Kelurahan VI Suku. “Pada Tahun 2019, satu sisi pinggiran Sungai Batang Lembang telah kita selesaikan pembangunan dan sudah indah untuk dipandang, pada Tahun 2020 ini kita melanjutkan proyek di sisi sebelahnya,” ucap Reinier.

Mengenai rencana pembangunan kembali Masjid Al Hidayah, Pengurus dan seluruh jamaah sudah diinformasikan terlebih dahulu. Apalagi proyek tersebut akan berjalan salah satunya di Bulan Suci Ramadhan.

“Jamaah Masjid sudah kita beritahu terlebih dahulu, sehingga bisa pindah sementara ke Masjid atau Mushalla terdekat,” ujarnya.

Sementara itu, Nur menyebutkan, di Kota Solok semenjak tahun 2018, 2019 dan 2020 selalu mendapat dana dari pusat dalam pengendalian banjir Sungai Batang Lembang. “Tentu itu merupakan sebuah kerja keras dari Wako Solok, Wawako Solok, serta Dinas PUPR Kota Solok. Kita harapkan dana dari pusat ini akan terus berkembang dan berkelanjutan” ujarnya.

Tujuan proyek ini, apabila debit air Sungai Batang Lembang meluap, tidak akan menggenangi lagi rumah-rumah warga yang berada di pinggiran sungai.

Salah satu prestasi yang membanggakan, dalam proses pelelangan proyek, Sumatera Barat berada di peringkat satu. ” Dan Proyek Batang Lembang merupakan yang pertama penandatanganan kontrak se Indonesia,” sebutnya.

Selesai melaksanakan pertemuan, Wawako Reinier beserta seluruh peserya yang hadir langsung melakukan peninjauan ke tepian sungai Batang Lembang, sebelah Masjid Al Hidayah Kelurahan VI Suku.

Crew Prokomp : Deni, Eryx, Karta.