Wawako Hadiri HUT Bundo Kanduang Ke 45

SOLOK KOTA – Wakil Wali Kota Solok yang juga Payung Panji Bundo Kanduang Kota Solok Reinier, menghadiri puncak peringatan Hari Ulang Tahun Bundo Kanduang Kota Solok ke 45, bertempat di Gedung Kubuang Tigo Baleh, Rabu (27/11).

Turut hadir, Forkopimda Kota Solok, Ketua GOW Kota Solok Ny.Elfia Reinier, Ketua LKAAM Kota Solok H.Rusli Khatib Sulaiman, Ketua Bundo Kanduang Kota Solok Sitta Novembra, Kepala OPD terkait, beserta seluruh Bundo Kanduang, Rang Mudo serta Puti Bungsu Kota Solok.

Reinier dalam arahannya mengucapkan selamat HUT Bundo Kanduang Kota Solok ke 45. Saat ini, peran serta Bundo Kanduang sangat besar manfaatnya bagi kesuksesan pembangunan dan kemajuan Kota Solok. Selanjutnya, generasi muda Kota Solok membutuhkan perhatian ekstra, semua problema yang ada di generasi muda diyakini dapat selesai dengan peranan langsung Bundo Kanduang.

“Kita harus menjaga generasi muda agar lebih siap lagi menghadapi era millenial saat ini, agar kedepannya generasi muda sebagai generasi penerus tidak mengecewakan kita nantinya,” harap Reinier.

Reinier mengingatkan, kita sebagai orang tua tentu tidak ingin anak kita menjadi korban dari kemajuan teknologi, kita harus bersama mendampingi dan memanfaatkan teknologi untuk hal-hal positif dan bermanfaat. “Pemerintah Kota Solok siap menerima kritik dan masukan dari Bundo Kanduang Kota Solok, supaya peran pemerintah benar-benar dirasakan oleh masyarakat,” ajak Reinier.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Bundo Ida Ramli melaporkan, tujuan peringatan HUT Bundo Kanduang Ke 45 ini ialah untuk menumbuhkan kesadaran Bundo Kanduang dan Rang Puti Bungsu Kota Solok sebagai generasi milenial yang tangguh dalam membentengi adat dan budaya Minangkabau.

Sementara itu, Ketua GOW Kota Solok Ny.Elfia Reinier mengatakan, arus globalisasi saat ini juga berdampak kepada budaya minangkabau, terutama generasi muda yang perilakunya bertentangan dengan adat dan budaya minangkabau.

Menyikapi hal itu, kita mengapresiasi Bundo Kanduang Kota Solok yang telah bergerak aktif dan banyak melakukan kegiatan yang berguna untuk melestarikan adat dan budaya Minangkabau, sehingga akan bisa menghasilkan generasi tangguh nantinya.

“Kami engajak dan menghimbau seluruh Bundo Kanduang Kota Solok untuk saling bergandengan dengan organisasi wanita lainnya, dengan niat ikhlas membina dan mengarahkan generasi muda kembali ke surau, berakhlak mulia dan berbudi luhur, serta menangkal perilaku negatif,” tutupnya.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan Penyerahan hadiah kepada juara lomba tingkuluak tunduak. Adapun juara I diraih oleh Dharmawanita Pemko Solok, Juara II Bundo Kanduang Kelurahan VI Suku, Juara III Harpi Melati, Harapan I IPMI, Harapan II Bundo Kanduang Kelurahan Sinapa Piliang, Harapan III Bundo Kanduang Kelurahan Nan Balimo.

#solokkotaberasserambimadinah #visitkotasolok2020 #kotasolok #solokcity #solokkotaberas #kotaberas

Liputan : Deni, Eryx.