Lagi ! WTP Kembali Diraih Kota Solok

SOLOK KOTA – Wali Kota Solok Zul Elfian,SH, M.Si lagi dan lagi berhasil meraih capaian standar tertinggi Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) LKPD 2018 yang diserahkan langsung oleh Sekretaris Jendral Direktorat Jendral Perbendaharaan Kementerian Keuangan Republik Indonesia Regina Maria Wiwieng Handayaningsih, SH di Ballrom Hotel Pangeran Beach, Senin (21/10).

Wali Kota Zul Elfian mengatakan sangat bangga karena selama kepemimpinannya penghargaan dimaksud dapat dipertahankan dan sudah tiga kali beliau terima yaitu pada 2016 sampai 2018. “Ini merupakan penghargaan tertinggi dalam hal pengelolaan keuangan daerah dan tidak semua daerah di Indonesia dapat memperolehnya,” katanya usai menerima penghargaan.

“Alhamdulillah ini semua berkat dukungan kerja keras serta ketaatan semua dinas dalam pengelolaan keuangan secara transparan dan akuntabilitas, kita perlu menanamkan mindset bahwa laporan keuangan yang disusun tidak hanya terbatas sebagi suatu laporan kegiatan yg terlaksana, tapi harus kita pandang sebagai laporan keuangan yang memiliki manfaat penting dalam memberikan evaluasi pelaksanaan APBN dan APBD dan menjadi masukan dalam kebijakan dimasa mendatang” tambah Wako.

Disisi lain, Sekjen Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan Republik Indonesia Wiwieng Handayaningsih dalam sambutannya mengungkapkan apresiasi kepada seluruh pimpinan daerah yang telah berhasil mengawal dana APBN dan APBD secara transparan dan akuntabel.

“Kita bisa mengetahui penggunaan uang rakyat yang makin akuntabel dan transparan dibuktikan dengan semakin baiknya laporan keuangan daerah dan semakin meningkatnya daerah di indonesia yang berhasil meraih WTP” ucapnya.

Wiwieng menambahkan “pencapaian WTP bukanlah tujuan akhir, namun menjadi laporan keuangan yg diyakini kelengkapannya, mestinya dapat menjadi alat pengambilan kebijakan yang tepat dan valid dalam pengelolaan keuangan, jangan hanya disimpan dilemari dan gudang arsip saja, laporan tersebut dijadikan sebagai sumber informasi dan data yg sangat berharga, dijadikan bahan analisa dan pengambilan keputusan nantinya” tuturnya.

Masih dikesempatan yang sama, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, tekankan didepan seluruh Kepala Daerah yang hadir “Memperoleh WTP itu gampang! tergantung komitmen kita sebagai pemerintah “ tegasnya.

Irwan menjelaskan opini WTP merupakan salah satu perwujudan pengelolaan keuangan negara yang sehat sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah untuk memperoleh opini WTP tidak semata-mata ditentukan oleh penyajian laporan keuangan yang berkualitas dan kecukupan pengungkapan, tetapi harus ditopang oleh efektivitas sistem pengendalian internal yang memadai serta kepatuhan terhadap perundang-undangan.

humascrew: AK 21 dan suci

#solokkotaberasserambimadinah
#visitkotasolok2020