Kota Solok Gelar Seminar Keamanan Pangan

SOLOK KOTA – Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Pangan, mengelar Seminar Keamanan Pangan dengan adanya Permentan RI No. 53/Permentan/KR.040/12/2018 mari kita wujudkan pangan yang aman untuk investasi masa depan yang lebih baik.

Acara ini dibuka Wali Kota Solok yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan H. M. Safni, SE, hadir juga Ir. Onward, ME. Kasie Pengujian dan Sertifikasi UPTD Balai Pengawasan Mutu dan Keamanan Pangan Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat, Ir. Kusnadi, MM. Kepala Dinas Pangan Kota Solok, OPD Terkait, Kelompok Tani dan Pelaku Usaha se-Kota Solok. Rabu (18/9) di Gedung Kubung 13.

Wali Kota dalam sambutannya diwakili oleh Staf Ahli, Melalui Seminar ini di harapkan agar dapat menjadikan masyarakat Kota Solok terbiasa mengkonsumsi pangan yang aman, artinya pangan yang dikonsumsi bebas dari segala cemaran seperti cemaran biologis, kimia, benda lain yang dapat menganggu, merugikan dan membahayakan kesehatan manusia serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat, sepert yang sudah tertuang dalam undang-undang pangan No 18 tahun 2012.

“Di era keterbukaan serba instan ini dituntut kewaspadaan dan kehati-hatian terutama dalam masalah pangan yang aman untuk dikonsumsi,” ucap Syafni.

Beliau juga menyampaikan bahwa menurut hasil laporan uji laboratorium yang telah dilakukan pada komoditi hasil pertanian ditemukannya hasil uji laboratorium pangan segar komoditi hasil pertanian ini terdeteksi mengandung residu, pestisida, tetapi nilai hasil uji masih tergolong dibawah angka Batas Maksimum Residu (BMR) terhadap pestisida, artinya pangan yang beredar di Kota Solok ini tergolong aman untuk dikonsumsi.

“Diharapkan kepada kita semua agar selalu bergandengan tangan dan bekerjasama sesuai dengan tanggungjawabnya, agar pangan yang dikonsumsi oleh masyarakat Kota Solok semuanya aman terbebas dari segala bentuk cemaran sehingga apa yang kita harapkan nanti, yakni terwujudnya Sumber Daya Manusia Masyarakat Kota Solok yang berkualitas, aktif, dan produktif dapat kita wujudkan secara bersama,” tutup H.M. Safni, SE. ( Eryx/HumasPro)

#solokkotaberasserambimadinah #visitkotasolok2020 #kotasolok #solokcity #solokkotaberas #kotaberas

Crew : Jamalis