Wako Sambut Tim Verifikasi Nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award

“Biar terhormat kaya raya, kalo tidak sehat tiada guna

SOLOK KOTA – Selamat datang!! Wali Kota Solok Zul Elfian, SH, M.Si beserta OPD terkait Camat dan Lurah se Kota Solok menyambut kedatangan Tim Verifikasi Nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat di Balairung 99 Rumah Dinas Wali Kota Solok, Selasa (27/8).

Tim verifikasi yang beranggotakan 3 orang diantaranya: Hony Irawan dari USDP (Urban Sanitation Development Program), Didi Untung Wijayadi (Bina Bangda Kementerian Dalam Negeri) dan Suzana (Penyehatan Air & Sanitasi Dasar Kementerian Kesehatan) melakukan verifikasi lapangan untuk STBM Award tahun 2019.

Dalam sambutan sekaligus perkenalan anggota tim oleh Hony Irawan menyatakan apresiasi terhadap Kota Solok dan Kota Payakumbuh terpilih/terverifikasi STBM. “Dengan adanya prestasi seperti ini, kami berharap Kabupaten dan Kota lainnya dapat belajar dan mencontoh kepada kedua daerah ini” tutur Hony.

Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Kesehatan kota Solok telah memulai dan menggalakan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) kepada masyarakat dari beberapa tahun lalu dan hasilnya membanggakan, berdasarkan hasil evaluasi verifikasi ODF (Open Defecation Free)/ Stop Buang Air Besar sembarangan, maka Kota Solok dan Kota Payakumbuh merupakan 2 daerah di Sumatera Barat yang diverifikasi untuk STBM Award Tahun 2019.

Adapun Sanitasi Total Berbasis Masyarakat mempunyai 5 pilar diantaranya: Stop Buang Air Sembarangan (SBS), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS),Pengolahan Air Minum dan Makan, Pengolahan Sampah serta Pengolahan Limbah.

Dalam sambutannya Wali Kota Solok Zul Elfian, SH, M.Si berharap melalui verifikasi STBM Award ini bisa mempertahankan status stop Buang Air Besar Sembarangan dan bisa meningkat menjadi 5 pilar. Disamping itu beliau juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat.

Masih di kesempatan yang sama, Wali Kota mengungkapkan akan selalu lakukan evaluasi terhadap peningkatan ODF, “Kami selalu berusaha untuk yakinkan kepada masyarakat untuk sadar akan ODF, kami mencari kekurangan dan memperbaiki jamban rumah-rumah masyarakat yang tidak layak” ungkap wako.

Dan penilaian verifikasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) diakhiri dengan diskusi dan makan siang bersama serta kunjungan lapangan ( Regina/HumasPro)

Humascrew : Regina & suci
Gambar mungkin berisi: 1 orang, teks