Sekolah di Kota Solok dinilai Tim Penilai Sekolah Sehat

SOLOK KOTA – Sebanyak 3 (tiga) sekolah sehat dari Kota Solok dinilai Tim Provinsi Sumatera Barat yang di Ketuai oleh Mofri Antoni dari Kanwil Kemenag Prov. Sumbar. Adapun Ketiga sekolah itu meliputi, TK Pertiwi, SD Negeri 09 PPA, dan SMP Negeri 01 Kota Solok.

“Selamat datang di Kota Solok” sambut Wakil Wali Kota Solok Reinier, ST, MM kepada tim penilai sekolah sehat di aula Dinas Pendidikan Kota Solok, Selasa (27/8). Beliau berharap, tim penilai tidak hanya pergi untuk menilai saja ke Kota Solok, melainkan juga memberikan masukan-masukan mana saja yang masih patut dibenahi.

Ia menyadari, dengan adanya penilaian seperti ini, dapat menjadi motivasi bagi sekolah-sekolah yang ada di Kota Solok untuk selalu berusaha memperbaiki kualitas dan kuantitas sekolah masing-masing.

Wawako berharap, agar pada lomba tahun ini dapat meraih peringkat pertama dan akan membawa Kota Solok ke tingkat Nasional
“Walaupun tahun kemaren cuma berhasil meraih peringkat kedua, Kami bertekad tahun ini dapat meraih peringkat pertama, karena kami sudah melakukan pembenahan dari sebelumnya, ucap Reinier.

Menurutnya, keoptimisan itu cukup beralasan, selain telah lama mempersipkan diri semaksimal mungkin, sekaligus juga telah menyiapkan program dan kegiatan sebagai upaya untuk meningkatkan prilaku hidup bersih dan sehat bagi siswa baik lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat.

Dalam kesempatan itu Ketua tim penilai Mofri mengatakan, penilaian sekolah sehat dilakukan secara berjenjang, mulai dari kecamatan, kabupaten, provinsi dan nasional.

Menurutnya, penilaian selain mendengarkan ekspos dari masing-masing sekolah, tim juga akan melakukan wawancara, pengamatan dan pemantauan di lapangan. “Tidak hanya fisik sekolah saja, tapi yang paling penting itu bagaimana perubahan perilaku pada peserta didik, perilaku dalam pola hidup bersih dan sehat,” ujar Mofri.

Diakhir sambutannya, ia ungkapkan kepada pemerintah Kota Solok yang tampak serius dalam memperhatikan program ini. Acara tersebut ditutup dengan peninjauan langsung ke lapangan yang didampingi oleh Sekretaris Daerah Rusdianto, S.IP, MM. (Suci/HumasPro)