Buka Sosialisasi 1000 HPK, Wako Tekankan OPD untuk Serius Penanganan Stunting

SOLOK KOTA – Sosialisasi gizi seimbang 1000 hari pertama kehidupan dan peningkatan mutu pemberian makanan tambahan dibuka langsung oleh Wali Kota Solok Zul Elfian, SH, M. Si yang digelar di Gedung Kubuang 13, senin (26/8). Sosialisasi tersebut mengangkat tema “Membangun Gizi Menuju Bangsa Sehat Berprestasi” Ibu dan Anak Bergizi Baik, Dimulai dari Keluarga, dengan Narasumber Prof. dr. Nur Indrawaty Lipoeto, M.Sc, Ph.D, Sp.Gk.

Ketua Pelaksana dr. Ambun Kadri, M.KM dalam laporannya mengucapkan sasaran dari kegiatan ini untuk menurunkan derajat kemiskinan masyarakat Kota Solok dengan cara menurunkan angka kematian ibu, bayi serta perbaikan gizi keluarga dan masyarakat. Namun yang menjadi tantangan selama ini di Indonesia yaitu masalah stunting, ”Alhamdulillah Kota Solok tidak masuk kategori stunting, namun kita masih harus tetap waspda agar hal ini bisa dipertahankan” ucap Kepala Dinas Kesehatan tersebut.

Ia juga berharap masyarakat juga ikut berpartisipasi dan bergandengan tangan dalam menyukseskan program pemerintah untuk mengurangi angka kemiskinan di Kota Solok.

Sedangkan Ketua TP PKK Kota Solok Ny. Zulmiyetti Zul Elfian ucapkan dalam sambutannya bahwa PKK dan kader juga memiliki peranan penting dalam memperhatikan kesehatan masyarakat Kota Solok, hal ini diwujudkan dalam 10 program pokok PKK, Zulmiyetti berharap “kader PKK harus peka terhadap masalah yang terjadi dilingkungan masyarakat, keberhasilan angka stunting di Kota Solok juga tak terlepas dari peran serta kader dan masyarakat Kota Solok” ucap Zulmiyetti.

Disisi lain, Wali Kota Solok menyambut baik kegiatan ini, karena diyakini dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita dalam memperhatikan kesehatan keluarga serta masyarakat. “Diharapkan kepda semua peserta dapat serius mengikuti sosialisasi ini, Kita harus serius memperhatikan masalah stunting, dan hal yang paling penting adalah kesadaran dan kemauan kita dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat” ungkap Wako. (Suci/HumasPro)