Sumarak Anak Nagari Silek Art Festival dan Duta Budaya Kota Solok

SOLOK KOTA – Febrizal dan Afifah Khairunnisa resmi dinobatkan sebagai Rang Mudo dan Puti Bungsu Kota Solok Tahun 2019. Penobatan tersebut ditandau dengan pemasangan salempang dan penyerahan piagam oleh Wakil Wali Kota Solok Reinier dan Ketua GOW Kota Solok Ny.Elfia Reinier.

Pemilihan Duta Budaya Kota Solok Tahun 2019 tersebut, dipadukan dalam Sumarak Anak Nagari Silek Art Festival, yang dipusatkan di Rumah Gadang Siti Rasidah, Simpang Denpal Kota Solok, Sabtu (24/8).

Tampak hadir, Forkopimda Kota Solok, Sekda Kota Solok Rusdianto, Ketua GOW Kota Solok Ny.Elfia Reinier, Ketua Dharma Wanita Kota Solok Ny.Ria Rusdianto, Ketua LKAAM, KAN dan Bundo Kanduang Kota Solok, Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok Hj.Elvi Basri, Kepala OPD, camat, lurah, tuo silek Nagari Solok, guru-guru sasaran silek pusako lamo, serta finalis Duta Budaya Kota Solok Tahun 2019.

Adapun daftar pemenang Rang Mudo dan Puti Bungsu Kota Solok Tahun 2019,
Juara 2 Bintang Marcelino dan Aulia Nanda, Juara 3 Aditia Pratama dan Mutiara Laviona, Harapan I Rivo Fernando dan Nia Mustika, Harapan II Niko Pratama dan Afifah Al Husna, serta Harapan III Ramadhan T dan Dila Agnesa.

Adapun syarat menjadi Rang Mudo dan Puti Bungsu ialah Pandai mengaji, wajib bisa bahasa Minangkabau dialek Solok, wajib tahu kebudayaan salingka nagari dan sabatang oanjang tentang minangkabau, kemampuan dan keteramoilan sebagai anak mudo dalam hal memainkan permainan anak nagari seperti silek, tari piriang dan lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok Hj.Elvi Basri dalam laporannya menyebutkan, Sumarak Anak Nagari nerupakan kegiatan rutin Dinas Pariwisata Kota Solok sebagai wadah pelaku seni tradisi dan kreasi untuk menampilkan kebolehannya.

“Malam ini, Silek Art Festival akan menampilkan silek tuo dari seluruh sasaran silek di Kota Solok dan dua sasaran silek dari Kabupaten Solok,” sebutnya. Selanjutnya, seharian ini juga telah dilakukan seleksi Duta Budaya Tahun 2019. ” Peserta berasal dari perwakilan SLTA dan perwakilan duta budaya per kelurahan yang ada se Kota Solok,” ujarnya.

Adapun tujuan kegiatan ini ialah meningkatkan apresiasi dan pemahaman terhadap seni budaya daerah, meningkatkan kecintaan masyarakat khususnya generasi muda terhadap seni dan tradisi minagkabau, serta menggali dan melestarikan seni budaya dan tradisi yang ada di Minangkabau dan Kota Solok.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Solok Reinier dalam arahannya mengatakan, sesuai dengan amanat undang-undang nomor 5 Tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan, sudah menjadi kewajiban bagi kita bersama baik pemerintah maupun masyarakat, untuk menjaga, menggali dan melestarikan serta mengembangkan adat dan budaya daerah, supaya tetap lestari dan menjadi jati diri bangsa yang kita cintai ini.

Melalui Event Sumarak Anak Nagari ini, Pemko Solok menyediakan wadah untuk ajang berkreatifitas bagi pelaku seni, baik seni tradisi maupun seni kreasi yang ada di Kota Solok. ” Kita juga dapat memperkenalkan budaya dan seni tradisional Minangkabau pada generasi muda agar mereka juga dapat mempelajari dan mencintai budaya serta kesenian tradisionalnya sendiri,” ujar Reinier.

Selanjutnya, Reinier juga mengucapkan selamat kepada Rang Mudo dan Puti Bungsu yang terpilih sebagai Duta Budaya Kota Solok Tahun 2019.

Crew : Deni dan Eryx.