Banyak Hal Menarik di HKGN ke-47

PADANG – Rombongan Ketua Umum TP PKK dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo kunjungi stand UP2K Kota Solok dalam acara Hari Kesatuan Gerak PKK (HKGN) ke 47 tahun 2019 di Kota Padang, Rabu (24/7). Dalam kunjungan tersebut rombongan sempat mencicipi kopi Payo khas Kota Solok tersebut dalam pembukaan pameran UP2K. “Kopinya enak ya “ tutur salah satu rombongan ketua umum.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Mentri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo ini digelar dengan sukses. Ia mengakui PKK sangat banyak membantu program pemerintah dalam mewujudkan ksejahteraan masyarakat. “ kegiatan seperti ini harus dipertahankan, karena dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga, dan lingkungan” tuturnya.

Tak hanya itu, ketua umum TP PKK Kota Solok menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk saling menjaga silaturrahmi antara kader se-Indonesia. Dalam acara tersebut digelar berbagai macam lomba yang menarik antara lain, Lomba Fashoin Show yang diikuti oleh ketua TP PKK Provinsi se-Indonesia dan ketua TP PKK Kota/Kab se Sumatera Barat, Lomba Memasak Rendang yang juga diikuti oleh Ketua TP PKK Provinsi Se-Indonesia. Sedangkan lomba lainnya meliputi lomba asmaul husna, pola asuh anak dan remaja serta lomba bermain peran.


Tak Kalah pentingnya, Kota Solok menyabet peringkat kedua dalam lomba bermain peran. Hal ini tentunya sangat membanggakan. Ketua TP PKK Kota Solok juga turut Apresiasi kepada para kaderbyang sudah berusaha semaksimal mungkin sampai tercapainya juara. “Selamat atas prestasi yang telah diraih para kader kita, mudah-mudahan dapat dipertahankan dan ditingkatkan” pesan Zulmiyetti.

Yang menarik perhatian lagi, Ketua TP PKK Kota Solok juga turut andil dalam lomba Fashion Show, Ny. Zulmiyetti tampak anggun bak Pragawati berlenggak-lenggok diatas panggung memakai baju adat khas Kota Solok, dengan memakai baju basiba berwarna biru tersebut cukup menarik perhatian penonton. Ia mengakui hal ini merupakan tantangan tersendiri karena tidak terbiasa dengan hal yang demikian.

Untuk makan bajamba sendiri, Kota Solok tak kalah menarik perhatian dengan ramainya peserta Bundo Kanduang yang ikut meramaikan acara dengan jamba yang dibalut sarung hitam membuat kesan tersendiri bagi peserta lainnya.

Diakhir acara, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno ungkapkan rasa terimakasih kepada Ketua umum TP PKK yang telah memilih Sumatera Barat menjadi tuan rumah HKG Nasional Tahun 2019. Ia mengakui dengan adanya kegiatan seperti ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. “Kami sangat senang sekali dengan adanya kegiatan seperti ini, karena memberi dampak yang positif kepada masyarakat sekitar, hotel penuh, dan rumah makan pada ramai dikunjungi para peserta, jika diberi kesempatan menjadi tuan rumah kembali di tahun depan kami siap menerimanya” tutur Irwan.