Wako Pimpin Apel Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI)

SOLOK KOTA – Walikota Solok Zul Elfian, SH, M.Si memimpin Apel Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2019 yang diikuti oleh Pimpinan OPD, Camat, ASN dalam lingkup Pemko Solok, Unsur Forkopimda, TNI/Polri, satuan tugas Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Halaman Kantor Balaikota Solok, Jum’at (19/7). Peringatan kali ini mengangkat tema “Milenial Sehat Tanpa Narkoba Menuju Indonesia Emas”.

Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) Jusuf Kalla meperingati Upacara Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2019 dalam kata sambutannya yang di bacakan oleh Walikota Solok menjelaskan bahwa Indonesia adalah negara besar dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 (empat) dunia, dengan wilayah terbentang dari Sabang sampai dengan Merauke. hal ini membuat Indonesia memiliki tantangan yang tidak mudah sebagai Negara besar dan maju. Salah satu tantangan yang dihadapi adalah permasalahan kejahatan narkotika.

Untuk menanggulangi hal tersebut tambahnya,mari kita Mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dan tangguh yang harus dilaksanakan sedini mungkin yaitu dengan melindungi dan menjaga anak-anak kita agar tidak terjerumus dengan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. Hal ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan generasi muda menjadi kader Bangsa yang tangguh dalam menghadapi tantangan pembangunan, serta bertanggung jawab terhadap masa depan kehidupan Bangsa dan Negara.

Wako menegaskan bahwa permasalahan ini tidak bisa kita anggap sepele, “Penyalahgunaan narkoba adalah musuh kita bersama , yang akan menghancurkan kita serta anak cucu kita, mari kita saling bekerja sama memberantas dan tekankan dalam diri kuta bahwa Kota Solok Kota Beras Serambi Madinah harus bersih dari Narkotika, Jaga keluarga kita jangan sampai terjerumus dengan narkoba, dan yang paking penting jangan takut untuk melaporkan korban untuk dilakukan rehabilitasi” tutur Zul Elfian.

Menariknya, Kota Solok dianugerahi penghargaan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Barat yang diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Barat H. Irwan Prayitno didampingi oleh Kepala BNN Brigjen Pol Drs. Khasril, kepada Walikota Solok H. Zul Elfian, SH, M.Si sebagai bentuk apresiasi atas Pemerintah Kota Solok sebagai pemerhati Program Penyalahgunaan Anti Narkoba.

Disisi lain, Wakil Walikota Solok Reinier, ST, MM selaku Ketua BNK Kota Solok menjelaskan bahwa pemerintah Kota Solok sendiri terus menggenjot pencegahan terhadap narkoba di Kota Solok. Terbukti dengan terwujudnya Kampung KB di Kota Solok, kegiatan yang sudah dimulai semenjak 2017 ini sudah berhasil mewujudkan satgas P4GN per kelurahan yang ada di Kota Solok. Hal ini tentunya bukti nyata pemko dalam memberantas narkoba.

“Saya sangat apresiasi terhadap kerja keras satgas P4GN selama ini, yang sudah membangu pemerintah daerah dalam mewujudkan Kota Solok Kota Beras Serambi Madinah bebas dari Narkoba” tutur Wawako. (suci/humaspro)