Ketua TP PKK Kota Solok Terima Penghargaan MKK

BANJAR BARU – Ketua Tim Penggerak PKK (TP. PKK Kota Solok Ny. Hj. Zulmiyetti Zul Elfian menerima penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) pada malam Gala Dinner Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI tahun 2019 yang disematkan langsung oleh Kepala BKKBN, Dr. H. Hasto Wardoyo, SP.OG (K). Dalam kegiatan tersebut Zulmiyetti bersama para penerima penghargaan lainnya se Indonesia berkumpul di Gedung Mahligai Pancasila Rumah Jabatan Gubernur Kalimantan Selatan. Jum’at (5/7).

Manggala Karya Kencana merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah Pusat melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) kepada sosok yang dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk.

Ketua TP.PKK Kota Solok di nilai sebagai salah satu tokoh yang dinilai berprestasi menonjol dan berkomitmen serta kepemimpinan dalam menggerakkan Program Kependudukan dan Keluarga Berencana dalam Pembangunan Keluarga Sejahtera untuk mewujudkan Keluarga Kecil Sejahtera Bahagia. Selain itu, juga berdasarkan penilaian bahwa Kota Solok telah berhasil memberikan pelayanan KB serta mampu mengendalikan laju pertumbuhan penduduk, kemudian dinilai berhasil dalam meningkatkan partisipasi keluarga dalam kelompok kegiatan seperti Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja, Bina Keluarga Lansia dan Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UPPKS) serta membangun Kampung Keluarga Berencana di Kota Solok.

Ketua TP PKK dalam kesempatan acara penyerahan juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dirinya untuk menerima penghargaan Manggala Karya Kencana. “Kita berharap sosialisasi Program Kependudukan dan Keluarga Berencana ini dapat terus ditingkatkan guna menjadikan keluarga yang bahagia dan sejahtera sesuai dengan takeline BKKBN “Dua Anak Cukup”, ungkap Zulmiyetti.

Sementara itu Zulmiyetti juga mengatakan, dengan diberikannya penghargaan ini dapat menambah semangat bagi kami Tim Penggerak PKK beserta seluruh Kader untuk meningkatkan kerja kepada masyarakat sebagai bentuk pengabdian pada daerah sekaligus menjadi ibadah kepada Allah SWT.

“Penghargaan merupakan hasil kerja keras semua warga dan masyarakat Kota Solok khususnya OPD Dispenduk KB, para penyuluh Keluarga Berencana dan kader serta instansi terkait lainnya. Kita berharap prestasi ini tidak berakhir dan berhenti disini saja tetapi terus meningkat dan menjadi momentum lagi untuk berprestasi di tingkat nasional,” pungkasnya.

Dalam menerima penghargaan yang merupakan rangkaian peringatan harganas juga turut hadir Wali Kota Solok Zul Elfian selaku Penasehat TP. PKK yang pada tahun sebelumnya juga telah menerima Penghargaan Manggala Karya Kencana dan pada tahun ini mempersiapkan diri untuk mengikuti penilaian Satya Lencana Pembangunan pada Tahun 2020.

Wako mengucapkan apresiasi atas penghargaan yang diterima dan mengucapkan terima kasih kepada TP PKK berserta kadernya yang telah mendukung tugas Pemerintah Kota Solok khususnya dalam upaya pengendalian penduduk.

Beliau juga mengatakan, masyarakat kini lebih cerdas untuk mengikuti program KB yang digalakkan Pemerintah, KB bukan untuk menghambat atau membatasi jumlah anak, tapi mengatur jarak kelahiran, untuk menjaga kesehatan reproduksi Ibu.

Menurut Kadis Dispenduk KB Kota Solok yang ikut mendampingi mengatakan bahwa keberhasilan lainnya karena terbaik dalam pembinaan PIK R/M di Sumatera Barat. Hal ini dapat dilihat saat Wali Kota dan Ketua TP PKK juga telah dianugerahi predikat sebagai Ayah dan Bunda Genre Sumatera Barat. Disamping itu untuk mendukung program KKBPK, Ketua Tim Penggerak PKK melalui ide dan gagasannya merangkul OPD terkait dengan menjalin MoU. (HumasPro)