Sekda Canangkan PMT-AS Tahun 2019

SOLOK KOTA – Wali Kota Solok dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Solok Rusdianto, S.IP, MM melalui Dinas Kesehatan Kota Solok mencanangkan program Pemberian Makanan Tambahan dan Vitamin Anak Sekolah (PMT –AS) dengan tujuan untuk pemenuhan kebutuhan gizi anak guna tercapainya generasi sehat, cerdas dan sejahtera di SDN 18 Sinapa Piliang Kota Solok, Selasa (30/4).

Pencanangan yang mengangkat tema “Gizi seimbang, prestasi gemilang, cegah stunting” ditandai dengan pemukulan gong oleh Sekretaris Daerah Kota Solok Rusdianto didampingi oleh Wakil Ketua TP-PKK, Kepala Dinas Kesehatan, Ketua DWP, Dandim dan Bundo Kanduang. Kegiatan tersebut dimeriahkan oleh penampilan tari dan paduan suara oleh siswa-siswi SDN 18 Sinapa Piliang Kota Solok.

Kegiatan Pencanangan Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT–AS) diberikan kepada SDN 18 Sinapa Piliang Kota Solok, dengan agenda kegiatan pemberian makanan tambahan kepada 676 (enam ratus tujuh puluh enam) orang murid yang tersebar pada 6 sekolah dasar dengan total dana Rp. 255.528.000,- indeks Rp 3.500,-/anak dengan total sebanyak 108 kali pemberian dalam setahun.

Kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin setiap tahun dengan sasaran sekolah – sekolah secara bergilir untuk pemerataan dalam upaya pemerintah meningkatkan derajat kesehatan anak–anak sekolah, melalui pemberian makanan tambahan yang dapat meningkatkan ketahanan fisik dan kecukupan asupan gizi siswa sekolah, disamping juga untuk pengenalan keamanan pangan kepada anak – anak sejak dini serta berperilaku hidup bersih dan sehat.

Ketua Pelaksana dr. Ambun Kadri dalam laporannya ungkapkan tujuan dari kegiatan ini untuk mensosialisasikan Program PMT-AS kepada masyarakat guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan dan pengadaan pangan lokal dan meningkatkan kesaaran masyarakat dalam upaya perbaikan gizi peserta didik dan produksi pertanian pendapatan masyarakat dan kesejahteraan keluarga.

Disisi lain, Ketua TP-PKK yang diwakili Wakil Ketua Elfia Reinier berharap dalam sambutannya “Kita berharap dengan adanya kegiatan ini Kota Solok akan masuk menjadi nominasi dalam penilaian Sekolah terbaik penerima program pelaksanaan PMT-AS tingkat Nasional nantinya dan juara dalam lomba cipta menu kudapan PMT-AS Tahun 2019” ungkapnya.

Tak hanya Elfia Reinier, Sekda Kota Solok Rusdianto juga ikut mengajak kepada seluruh masyarakat bersama sama wujudkan berhasilnya kegiatan ini. “Mari bersama-sama kita wujudkan gizi yang berkualitas di Kota Solok” tutur Sekda. (Suci/HumasPro)