Penutupan Musrebang Kota Solok Tahun 2019 dalam Rangka Penyusunan RKPD Kota Solok Tahun 2020

SOLOK KOTA – Wali Kota Solok dalam hal ini diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan Drs. Nova Elfino menutup secara resmi rangkaian Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2020 di Aula Bappeda Kota Solok, Jum’at (29/3).

Rangkaian Musrenbang 2019 Kota Solok yang mengangkat tema “Optimalisasi Infrastruktur Untuk Meningkatkan Pelayanan Publik Dalam Mendukung Visit Solok 2020” itu telah dilaksanakan Pemerintah Daerah mulai tanggal 27 sampai dengan 29 maret 2019.

Namun sebelum dilakukan penutupan, Ketua Pelaksana Musrenbang Jonnedi menyampaikan sejumlah hasil diskusi kepada seluruh jajaran perangkat daerah. Jonnedi menyampaikan beberapa hal dalam bidang Sosial Budaya dan Ekonomi menjadi prioritas dalam Musrenbang.

Pada Bidang sosial ekonomi beberapa usulan meliputi lanjutan pembangunan Rumah Sakit Daerah Kota Solok, Penyelesaian Stadion Kota Solok dalam rangka persiapan Kota Solok menjadi tuan rumah PORPROV tahun 2022, penanggulangan kemiskinan serta lanjutan pembangunan istana lansia.

Sedangkan dibidang lainnya meliputi penguatan kepariwisataan dengan mengangkat “Wisata alam bareh solok dan promosi minyak atsiri, optimalisasi jalan batas Kota Selayo sampai Bandar Pandung, pembangunan Kantor Camat Tanjung Harapan, lanjutan pembangunan Kantor Dinas Perumahan dan Permukiman, lanjutan pembangunan Kantor Dinas Pertanian, pembangunan Gedung untuk STAI.

Selanjutnya, rehabilitasi Masjid Al Hidayah, lanjutan Taman Istiqlal, pengadaan tanah untuk pemurnian benih anak daro, Pemilukada, Masjid Al Mumtaz.

Dalam sambutannya Asisten Bidang Pemerintahan Nova Elfino mengatakan bahwa musyawarah yang dilaksanakan selama tiga hari ini tentunya cukup melelahkan bagi para peserta, karena mengikuti kegiatan dari mulai acara pembukaan, pemaparan narasumber, diskusi sampai pada acara penutupan, dengan tujuan untuk menghasilkan kesepakatan dan komitmen antara stakeholder atas program kegiatan pembangunan daerah yang akan dimuat dalam rancangan RKPD Pemerintah Daerah Kota Solok tahun 2020.

“Saya sangat apresiasi kepada seluruh peserta musrenbang yang sangat semangat mengikuti acara ini hingga selesai, mari kita manfaatkan dengan baik, memberikan saran serta masukkan pemikiran yang cerdas sehingga program yang akan kita laksanakan mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang ada dalam berbagai aspek dan tingkatan, apa yang kita bahas dan sepakati akan berdampak pada kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kota Solok” imbau Nova.

Dalam acara Penutupan Musrenbang ini Asisten Bidang Pemerintahan tersebut juga menambahkan dan berharap agar RKPD Kota Solok 2020 ini dapat dijadikan dasar dan masukan untuk penyusunan perencanaan pembangunan kedepan terutama dalam penyusunan rancangan akhir RKPD semakin baik dan berkualitas. Prinsip-prinsip keterpaduan, kolaborasi dan koordinasi harus selalu dikedepankan agar benar-benar menyentuh langsung dalam mengatasi berbagai isu dan tantangan yang dari waktu kewaktu semakin kompleks.

Maka dari itu dengan berakhirnya pelaksanaan musrenbang dalam rangka penyusunan RKPD Kota Solok tahun 2020, maka telah kita sepakati berbagai program dan kegiatan prioritas Kota Solok tahun 2020.

Turut hadir, Anggota DPRD Kota Solok, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Solok, Kepala OPD terkait, Bappeda Provinsi Sumatera Barat, pimpinan BUMN, BUMD dan instansi Vertikal, Ketua KAN, LKAAM, Bundo Kanduang, ketua organisasi profesi, LSM, Tokoh Masyarakat, tokoh agama, BNK, KNPI, PMI, dan para fasilitator perencanaan kelurahan dan kecamatan.

Acara Musrenbang RKP Tahun 2020 ditutup dengan penandatanganan usulan yang dihasilkan oleh OPD sebagai bentuk komitmen pembangunan Kota Medan. (Suci/HumasPro)