Wawako Solok Hadiri Peresmian Gedung Ikatan Keluarga Solok dan Penganugerahan Gelar Kepada Gubernur Provinsi Bengkulu.

BENGKULU – Wakil Wali Kota Solok Reinier,ST,MM menghadiri kegiatan peresmian Gedung Baru Ikatan Keluarga Solok Provinsi Bengkulu, serta penganugerahan gelar Kepada Gubernur Provinsi Bengkulu, bertempat di Jalan Budi Utomo II Rt 07, Kelurahan Beringin Raya, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu, Minggu (24/3).

Gedung pertemuan tersebut diresmikan secara langsung oleh Gubernur Provinsi Bengkulu Dr.Rohidin Mersyah Datuak Rajo Nan Babangso. Turut hadir, Danrem 041/Gamas Kolonel Inf. Dwi Wahyudi, Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Drs.Supratman, Bupati Benteng Drs.Ferry Ramli,SH, Bupati Rejang Lebong H.Ahmad Hijazi,M.Si, Bupati Lebong H.Rosjonsyah,M.Si, Walikota Bengkulu H.Helmi Hasan, beserta seluruh niniak mamak, bundo kanduang serta seluruh Ikatan Keluarga Solok di Provinsi Bengkulu.

Sebelum peresmian gedung tersebut, Lembaga Adat Kota Solok yang terdiri dari Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM), Kerapatan Adat Nagari (KAN), serta Bundo Kanduang, terlebih dahulu memberikan gelar adat kepada Gubernur Provinsi Bengkulu Rohidin Mersyah Datuak Rajo Nan Babangso. Gelar itu diberikan, atas loyalitas dan partisipasi Gubernur Bengkulu sebagai Payung Panji Ikatan Keluarga Solok di Bengkulu.

Ketua Ikatan Keluarga Solok Provinsi Bengkulu Yassar Aksa,MT menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada bapak Gubernur Bengkulu atas perhatiannya kepada keluarga besar Minangkabau yang ada di daerahnya. Apalagi, Gubernur juga telah memberikan bantuannya, sehingga peresmian gedung serba guna ‘Rumah Gadang’ yang di Bengkulu ini dapat diwujudkan. Yassar juga mengucapkan selamat atas penganugerahan gelar Datuak Rajo Nan Babangso dari keluarga besar Minangkabau dan Solok kepada Gubernur Provinsi Bengkulu.

“Gelar ini atas jasa beliau yang membantu keluarga besar Minangkabau dan Kota Solok,” sebutnya. Selanjutnya, Yassar juga mengucapkan terima kasih kepada bapak Wakil Walikota Solok yang mau menyempatkan hadir di acara tersebut.

Sementara itu, Wakil Walikota Solok Reinier dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih atas perhatian warga Kota Solok dan masyarakat Minangkabau yang ada di Provinsi Bengkulu, serta selamat kepada IKS atas pembangunan gedung serba guna keluarga besar Solok, dan gelar yang di berikan kepada bapak gubernur.

Reinier juga mengucapkan selamat kepada Gubernur Provinsi Bengkulu yang telah menerima anugerah gelar sebagai Datuak Rajo Nan Babangso. Penganugerahan gelar ini bukan sembarang yang gelar, gelar ini sudah di rembukan oleh ninik mamak Kota Solok. “Selaku Pemerintah Kota Solok, kami mengucapkan terima kasih sekali lagi atas bantuan guna pembangunan gedung Rumah Gadang ini. Kami yakin, apabila kita bersatu kita akan maju,” ujar Reinier.

Gubernur Bengkulu Dr.Rohidin Mersyah,MMA Datuak Rajo Nan Babangso mengucapkan selamat atas peresmian gedung Rumah Gadang Ikatan Keluarga Solok. Rosidin Mersyah mengaku tersanjung, dan bangga atas anugerah gelar yang diberikan kepada dirinya. Gubernur mengingatkan, Rumah Gadang ini dibangun sebagai rumah kita sendiri dan keluarga kita, serta orang Minangkabau. “Selamat memiliki Rumah Gadang baru. Semoga tempat ini bisa dijadikan sebagai pusat kegiatan dan pertemuan bagi perkumpulan Ikatan Keluarga Solok khususnya, serta Ikatan Keluarga Minang pada umumnya,” sebut Datuak Rajo Nan Babangso.

Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Rohidin Mersyah, Pemotongan Pita tanda diresmikannya Gedung Rumah Gadang. Selanjutnya, penampilan kesenian Minangkabau serta hiburan kim. (Deni/HumasPro).