Wakil Walikota Solok Membuka Sumarak Anak Nagari Tahun 2019

SOLOK KOTA – Wakil Walikota Solok Reinier,ST,MM membuka kegiatan pentas seni budaya Sumarak Anak Nagari Tahun 2019, bertempat di Halaman Rumah Gadang Simpang Denpal Kota Solok, Sabtu (9/3).

Turut hadir, Wakil Ketua DPRD Kota Solok H.Irman Yefri Adang, Asisten II Setda Kota Solok Jefrizal,SPT,MT, Ketua GOW Kota Solok Ny.Elfia Reinier, Ketua KPU Kota Solok Asraf Danil H, S.Sos. MM, Ketua LKAAM Kota Solok H.Rusli Khatib Sulaiman, Ketua Bundo Kanduang Kota Solok Sitta Novembra,BA, Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok Elvi Basri, para kepala OPD serta masyarakat.

Ketua Panitia Pelaksana Elvi Basri dalam laporannya menyebutkan, kegiatan budaya yang telah diadakan rutin setiap tahun ini sebagai wadah bagi para pelaku seni tradisi di Kota Solok untuk mengembangkan kegiatannya. Tentunya, dengan adanya kegiatan ini masyarakat Kota Solok akan semakin mencintai kesenian Minangkabau.

Adapun tujuan sumarak anak nagari ini untuk meningkatkan apresiasi dan pemahaman tentang budaya daerah, meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap seni tradisi minang, serta menggali seni tradisi yang di Kota Solok.

Ketua LKAAM Kota Solok H.Rusli Khatib Sulaiman mengatakan, dengan adanya Sumarak Anak Nagari ini, mari kita lestarikan adat budaya dan kesenian anak nagari. H.Rusli menghimbau kepada seluruh warga Kota Solok agar menjaga keamanan dan ketenangan menghadapi pemilu serentak 17 April nanti. Selanjutnya, masalah Narkoba dan LGBT yang saat ini sudah meruyak di Kota Solok, diharapkan kepada semua pihak meningkatkan kewaspadaan, agar Kota Beras Serambi Madinah ini bisa bersih dari segala hal berbau maksiat.

Ketua Bundo Kanduang Kota Solok Sitta Novembra mengatakan, dengan adanya kreatifitas-kreatifitas anak nagari seperti ini, dapat kita jadikan sebagai program untuk mengalihkan generasi muda Kota Solok dari segala bentuk perilaku negatif di tengah masyarakat.

Wakil Ketua DPRD Kota Solok H.Irman Yefri Adang menyebutkan, acara sumarak anak nagari ini untuk tahun-tahun selanjutnya agar bisa lebih maksimal, lebih banyak mengundang masyarakat, serta lebih besar gezahnya. Hal itu akan berdampak, sumarak anak nagari dapat menjadi magnet bagi daerah lain untuk berkunjung ke Kota Solok.

“Kami apresiasi kepada Pemko Solok yang telah menjadikan iman dan taqwa menjadi misi utama. Dengan adanya kegiatan positif seperti sumarak anak nagari ini, akan dapat menjauhkan generasi muda dari perilaku negatif,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Solok Reinier,ST,MM mengatakan, melalui kegiatan sumarak anak nagari, merupakan sebuah aktifitas yang kita berikan dalam rangka menumbuhkembangkan kesenian dan memberikan wadah para pelaku seni Kota Solok untuk senantiasa berkreasi.

Melalui pentas ini, para penggiat wisata melihat komitmen pemko dan dprd untuk bisa mempersiapkan dan menampilkan potensi yang telah digarap dengan baik guna ‘dijual’ kepada daerah lain. “Pemerintah melihat ini sebagai sebuah proses dan kesempatan kepada masyarakat kota solok untuk mengembangkan salah satu kegiatan di bidang pariwisata dan membuka lapangan kerja,” sebut wawako.

“Tentunya, yang paling berguna dari kegiatan ini ialah akan ada komunikasi antara masyarakat dan pemerintah, sehingga muncul sebuah keyakinan kita bersama untuk menyampaikan aspirasi di tengah masyarakat,” tutup wawako.

Pada kesempatan itu, KPU Kota Solok juga mengadakan sosialisasi bagi pemilih di Kota Solok untuk menyukseskan pemilu serentak bulan April nanti. Selanjutnya, juga diserahkan Piagam penghargaan dari kedubes Republik Indonesia di Thailand atas kontribusi Pemko Solok dalam event 52nd diplomatic red cross bazaar di Kota Bangkok, Thailand. KPU Kota Solok juga menyerahkan piagam penghargaan kepada Pemko Solok melalui Dinas Pariwisata Kota Solok atas partisipasinya dalam rangka pelaksanaan sosialisasi pendidikan pemilih pemilu Tahun 2019. (Deni/HumasPro).

Teamwork : Deni, Eryx