Walikota Solok Launching Basikameh Bundo Kanduang Kota Solok Tahun 2019.

SOLOK KOTA – Walikota Solok H.Zul Elfian diwakili Asisten I Setda Kota Solok Drs.Nova Elfino melaunching kegiatan Basikameh Bundo Kanduang Kota Solok, bertempat di Kelurahan Sinapa Piliang, Rabu (6/3).

Bulan Bakti Basikameh (Gotong Royong bersama warga) Bundo Kanduang Kota Solok bersama masyarakat, TNI, Polri dengan Pemerintah Kota Solok Tahun 2019 kali ini mengangkat tema Mewujudkan Solok Bersih dan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019.

Turut hadir, Ketua DPRD Kota Solok Yutris Can, Ketua LKAAM Kota Solok H.Rusli Khatib Sulaiman, Ketua Bundo Kanduang Kota Solok Sitta Novembra,BA, Wakil Ketua TP PKK Kota Solok Ny.Elfia Reinier, Ketua Bayangkari, Dirut Bank Nagari Cabang Solok Banteng Dono Sadiro, Personil TNI, Polri, Ibu-ibu Bhayangkari Polres Solok Kota, tim PKK Kota Solok serta Bundo Kanduang se Kota Solok.

Ketua LKAAM H.Rusli Khatib Sulaiman mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah hadir dan ikut berpartisipasi menyukseskan kegiatan ini. Bundo Kanduang Kota Solok akan melaksanakan basikameh di setiap kelurahan dalam rangka memelihara adipura, memasuki bulan suci Ramadhan 1440 H, serta menyongsong MTQ Nasional XXXVIII Tingkat Sumatera Barat tahun 2019.

H. Rusli mengatakan, Kota Solok ini merupakan milik kita bersama, untuk itu harus kita pelihara dan bersihkan secara bersama-sama. Gagasan basikameh ini merupakan salah satu inovasi dan gagasan dari ketua bundo kanduang yang baru. Selama berdirinya Kota Solok, baru pertama kali ini diadakan kegiatan basikameh oleh Bundo Kanduang Kota Solok

Ketua bundo kanduang Sitta Novembra mengatakan, Basikameh ini merupakan program baru bagi Bundo Kanduang kota solok. Ucapan terimakasih kepada masyarakat kelurahan sinapa piliang dan bundo-bundo Kanduang di semua kelurahan yang ada di Kota Solok karena telah menggerakkan guna melaksanakan kegiatan basikameh ini. “Semoga basikameh ini akan berlanjut kepada anak cucu generasi penerus di Kota Solok,” ujarnya.

Ketua DPRD Kota Solok Yutris Can mengatakan, selama ini kita di Kota Solok hanya melaksanakan program goro badunsanak. Namun kali ini, bundo kanduang telah menggagas suatu inovasi baru bernama basikameh. Mudah-mudahan basikameh ini tidak hanya menjadi kegiatan setiap tahun, namun menjadi kebiasaan setiap hari bagi masyarakat Kota Solok. “Kita semua yakin, apabila bundo kanduang sudah menggerakkan, tentunya semua elemen masyarakat pasti akan bergerak,” sebutnya.

Sementara itu, Asisten I Setda Kota Solok Nova Elfino mengapresiasi sebuah inovasi luar biasa yang dilahirkan oleh Bundo Kanduang Kota Solok. Dari sekian banyak inovasi yang ada di Kota Solok, basikameh adalah inovasi yang sangat menarik dan pengaruhnya sangat bagus bagi masyarakat. Tentunya masyarakat Kota Solok patut bangga dengan basikameh ini. “Inovasi ini nantinya diharapkan akan menjadi contoh bagi daerah lain. Pihak Pemerintah KotS solok akan secara penuh memberikan dukungan dalam kegiatan yang bermanfaat ini,” tutupnya. (Deni/HumasPro).

Team Work : Deni, Eryx.