Meriahkan Hut Kota Solok Gelar Festival Ekonomi Kreatif 2018

SOLOK KOTA – Wakil Walikota Solok Reinier,ST,MM secara resmi membuka gelaran Festival Ekomomi Kreatif Tahun 2018, bertempat di Gedung Kubung 13, Selasa (11/12).

Hadir pada kesempatan itu, unsur Forkopimda Kota Solok, Ketua TP PKK Kota Solok Ny.Zulmiyetti Zul Elfian, Ketua GOW Kota Solok Ny.Elfia Reinier, Ketua lkaam H.Rusli Khatib Sulaiman, para kepala OPD serta para pelaku ekonomi kreatif di Kota Solok.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok Elvi Basri, diwakili Kabid Doris Welly dalam laporannya menyebutkan, kegiatan festival ekonomi kreatif ini merupakan acara yang pertama kali dilakukan di Kota Solok, festival ini melibatkan para pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kota Solok.

Adapun festival ini bertujuan memamerkan hasil karya dan memberikan apresiasi kepada para pelaku ekonomi kreatif, sehingga mereka terus bangkit dan bisa menghasilkan karya terbaik. Festival ini dilaksanakan dari tanggal 11 sampai 15 Desember 2018.

Para pelaku ekonomi kreatif yang mengikuti festival ini terdapat sebanyak 8 subsektor dari 16 subsektor. Yakni, fotografi, videografi, kuliner, musik, kriya, seni rupa, seni pertunjukkan serta fashion.

Wakil Walikota Solok Reinier dalam sambutannya mengatakan, festival ini adalah sebuah ajang untuk melatih kreativitas karena apa yang ditampilkan betul-betul harus memberikan kesan yang indah dan tak terlupakan.

Reinier melanjutkan, keberhasilan seorang pelaku industri kreatif dalam menghasilkan karya dengan kreativitas dan inovasi yang tinggi, akan sangat mempengaruhi terhadap branding dan tentunya juga akan membantu menjadikan branding daerah menjadi lebih baik.

Ekonomi kreatif juga terbukti ampuh menangkat perekonomian rakyat, dan tentunya kita berharap dari festival ini akan muncul pelaku-pelaku ekonomi kreatif yang baru. Pemerintaj daerah melalui OPD terkait akan membantu untuk memasarkan dan mudah-mudahan ini bisa ke depannya berjalan dengan lancar.

“Festival ekonomi kreatif ini diharapkan akan ada lonjakkan tinggi terhadap gerak ekonomi melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Solok, sehingga kita dapat tingkatkan perekonomian masyarakat Kota Solok,” tegasnya. (Deni/HumasPro).