Pembukaan Kegiatan “FPP Mengabdi” Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang.

SOLOK KOTA – Acara Fakultas Pariswisata dan Perhotelan (PPP) mengabdi ini dihadiri oleh Wakil Walikota Solok Reinier, Ketua GOW, Dekan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP, Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala pendidikan, Kepala Sanggar Kegiatan SKB, di Taman Pramuka Kota Solok. Jumat (16/11)

Wawako dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kepariwisataan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional yang dilakukan secara sistematis, terencana, terpadu, berkelanjutan, dan bertanggung jawab dengan tetap memberikan perlindungan terhadap nilai-nilai agama, budaya yang hidup dalam masyarakat, kelestarian dan mutu lingkungan hidup, serta kepentingan nasional.

“Konsep yang menjelaskan peran masyarakat dalam pembangunan pariwisata adalah Pariwisata berbasis masyarakat,” ungkap Reinier.

Beliau juga menyebutkan Pariwisata berbasis masyarakat adalah konsep yang menekan pemberdayaan masyarakat agar lebih memahami potensi yang mereka miliki, seperti potensi alam, kebudayaan, adat istiadat, dan kuliner.

“Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Pariwisata mengharapkan Perguruan Tinggi, khususnya Universitas Negeri Padang untuk membantu pengembangan pariwisata dikota solok melalui kegiatan penelitian dan pengabdian di masyarakat,” tutur Reinier.

Diakhir sambutannya Wawako menyampaikan Rasa syukurnya karena alam Sumatera Barat ini sangat indah, karena beliau baru pulang dari Jogja sesungguhnya tidak kalah dengan alam Sumatera Barat. Akan tetapi mereka dengan cerdas memanfaatkan alamnya untuk dijadikan tempat wisata.

“Jadi saya berharap pada mahasiswa mahasiswi Pariwisata dan Perhotelan, manfaatkan dan carilah peluang sebaik mungkin untuk peluang kepariwisataan setelah tamat besok karena kita punya alam yang bagus,” pesan Wakil Walikota Solok,
(Eryx & Jamalis/Humaspro )