Pencanangan Manunggal Bhakti TNI Pengentasan Kemiskinan di Kota Solok

SOLOK KOTA – Pemukulan Gong oleh Walikota Solok H.Zul Elfian Dt.Tianso SH,M.Si menandai secara resmi dimulainya kegiatan Pencanangan Manunggal Bhakti TNI Pengentasan Kemiskinan (Mantitentaskin) di Kota Solok, bertempat di Makodim 0309/Solok, Rabu (31/10).

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Walikota Solok Reinier,ST,MM, Dandim 0309/Solok Letkol. Arh. Priyo Iswahyudi, Ketua DPRD Kota Solok Yutris Can,SE, Wakapolres Solok Kota Kompol Sumintak, Ketua LKAAM Kota Solok H.Rusli Khatib Sulaiman, Ketua Bundo Kanduang Kota Solok Milda Murniati, Ketua GOW Kota Solok Ny.Elfia Reinier, Seluruh Kepala OPD, BUMN/D serta tokoh masyarakat.

Ketua Panitia Pelaksana Jefrizal,S.Pt,MT melaporkan, jenis kegiatan Bakti Manunggal TNI ini ialah rehab rumah tidak layak huni serta pembinaan mental spiritual bagi masyarakat miskin. Kegiatan ini diharapkan akan dapat membantu masyarakat miskin untuk memiliki rumah layak huni, dan membantu penanggulangan kemiskinan serta pembinaan mental spiritual masyarakat miskin di Kota Solok.

Dandim 0309/Solok Priyo Iswahyudi menyebutkan, kegiatan Manunggal Bhakti TNI ini berdasarkan keresahan Pemko Solok dan seluruh forkopimda Kota Solok melihat masih adanya masyarakat miskin di Kota Solok.

Priyo Iswahyudi melanjutkan, sebenarnya kegiatan ini adalah kegiatan yang mengangkat kearifan lokal nenek moyang kita dulu yakni gotong royong. Salah satu faktor timbulnya kepedulian kepada saudara yang masih mengalami kesulitan, seperti rumah yang layak huni.

“Mudah-mudahan kegiatan Manunggal Bhakti TNI ini dapat menginspirasi saudara dan rekan kita yang lain, sehingga harapan kita bersama di Kota Solok tidak ada lagi rekan kita yang ketinggalan,” Harapnya.

Ketua DPRD Kota Solok Yutris Can,SE mengucapkan terimakasih kepada Dandim 0309/Solok dan Pemerintah Kota Solok yang telah menggagas kegiatan ini yang diharapkan dapat mengurangi angka kemiskinan.

“Mudah-Mudahan dengan dicanangkan Manunggal Bhakti TNI ini, akan bisa mengurangi angka kemiskinan secara fisik maupun ekonomi kerakyatan,” sebut Yutris Can.

Dengan telah turunnya personil Dandim 0309/Solok dan Polres Solok Kota beserta seluruh masyarakat, nantinya akan dapat memancing nilai stimulan dan hasil yang nyata sebanyak dua kali lipat.

Kita juga mengharapkan kepada masyarakat untuk bahu membahu menyukseskan kegiatan ini, agar angka kemiskinan di Kota Solok akan turun.

“Marilah kita wujudkan kepedulian, meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Baik itu secara Sumber Daya Manusia, fisik dan infrastruktur,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Solok H.Zul Elfian mengatakan, suatu hal menggembirakan dan membanggakan yang ada di Kota Solok ialah semangat kebersamaan. “Inilah kekuatan kita, yang berat jadi ringan, yang jauh menjadi dekat. Saat ada persoalan kemiskinan di tengah masyarakat, timbullah gagasan kegiatan ini,” sebut wako.

Lebih lanjut, ketika TNI sudah turun tangan, Insyaa Allah permasalahan akan dapat diselesaikan. Kita lihat saat ada masalah pertanian, dan KB.

Ini membuktikan, TNI tak hanya memiliki kekuatan bidang keamanan saja, namun juga kekuatan bidang sosial. “Ketika masyarakat ada rumah tidak layak huni, TNI turun menyelesaikannya,” ujarnya.

Tak hanya itu, DPRD Kota Solok juga aktif memberikan dukungan terhadap gagasan positif yang akan dilakukan, jika ada kekurangan dana, langsung dibantu dengan anggaran.

Ketua LKAAM dan Bundo Kanduang merupakan yang terbaik di Sumbar, masukan dan kritikan dari beliau sangat membangun bagi kebaikan Kota Solok Kota Beras Serambi Madinah. Saat ini, persoalan kemiskinan berdasarkan data terakhir, masih ada 237 masalah. Sekarang ini angka kemiskinan sudah turun ke 1,7%, target kita tahun 2020 angka kemiskinan dibawah 1%.

Dalam Manunggal Bhakti TNI 2018 ini, kita sudah merencanakan untuk membangun 15 unit rumah. Ditambah 1 unit rumah dari Forkopimda Kota Solok, 1 rumah dari Gabungan OPD, Korpri 1 rumah, serta dinas PUPR 1 Rumah.

“Jadi jika ditotal ada 19 unit rumah, untuk itu kami mengharapkan dalam pelaksanaan Bakti Manunggal TNI ini, peran serta Lurah, RW,RT dan masyarakat bersama-sama menyukseskan kegiatan ini,” tutup Wako.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan alat perlengakapan kepada TNI dan masyarakat secara simbolis.

Acara ditutup dengan peletakan batu pertama oleh Walikota Solok, Wakil Walikota Solok, Dandim 0309, Ketua LKAAM dan Bundo Kanduang, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ketua GOW,dan Ketua Persit di Kelurahan Pasar Pandan Air Mati. (Deni/HumasPro).