Berbagai Aneka Masakan Serba Ikan Hiasi Peringatan Hari Makan Ikan Tingkat Kota Solok

SOLOK KOTA – Dalam rangka memperingati Hari Makan Ikan Tingkat Kota Solok, Forikan Kota Solok bersama Dinas Pertanian Kota Solok mengadakan serangkaian kegiatan  gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) dengan puncak kegiatan Lomba Masak Serba Ikan antar Kelurahan se-Kota Solok dan Lomba Jingle Gemarikan tingkat SLTA se-Kota Solok di Balairung 99 Rumah Dinas Walikota Solok, selasa (30/11).

Kepala Dinas Pertanian Ikhvan Marosa selaku Ketua Pelaksana dalam laporannya mengungkapkan tujuan dari kegiatan ini untuk
meningkatkan konsumsi ikan masyarakat Kota Solok serta ungkapkan peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 200 peserta, meliputi pengurus forikan Kota Solok.

Ketua Umum Forikan Kota Solok dalam hal ini diwakilkan oleh Wakil Ketua II Forikan Kota Solok Ria Rusdianto menjelaskan peningkatan konsumsi ikan memegang peran penting dalam rangka mengembangkan peran hasil perikanan dan peningkatan kualitan SDM. Kegiatan ini merupakan wujud memasyarakatkan gerakan makan ikan guna peningkatan konsumsi ikan oleh masyarakat.

“Melalui kegiatan ini saya berharap dapat membuka pandangan masyarakat akan pentingnya memakan ikan karena ikan merupakan sumber makanan yang bergizi tinggi dan dapat diolah menjadi bahan olahan seperti nugget, bakso, abon dan berbagai macam cemilan lainnya”. Ungkap Ria Rusdianto.

Tak hanya itu, Wakil Walikota Solok Reinier turut menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Pertanian yang bekerjasama dengan forikan terus melaksanakan kegiatan kampanye peningkatan konsumsi ikan melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan guna meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kandungan gizi dan manfaat ikan.

“ diharapkan dengan adanya momentum ini dapat memperkuat kerja sama dan membangun koordinasi fungsional yang efektif dengan melibatkan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat dalam rangka menjadikan ikan sebagai salah satu solusi dalam penanganan permasalahan gizi masyarakat” harap Reinier.

Kegiatan tersebut di warnai dengan penampilan jingle dari Siswa Siswi SMKN 2 Kota Solok dan SMA Islam Al-Mumtaz serta seminar yang disampaikan oleh Ir. Desnelita dari Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Sumatera Barat

Desnelita memaparkan didepan seluruh undangan yang hadir akan pentingnya mengkonsumsi ikan dan apa saja manfaat-manfaat yang terkandung di dalam ikan, bahkan ikan itu sendiri bisa digunakan untuk bahan kosmetik.

Tak hanya itu, Ketua Forikan Kota Solok mengukuhkan Ketua Forikan tingkat Kelurahan se-Kota Solok serta memberikan bantuan PMT-AS berupa Peralatan masak kepada SD 14 laing, Sd 13 Simpro, Sd 12 Payo Tanah Garam, Sd 19 Kampung Jawa.

Pada kesempatan yang sama, di Gazebo Rumah Dinas Walikota Solok, juga berlangsung lomba masak serba ikan se kelurahan se-Kota Solok. Tampak antusias ibu ibu PKK yang ikut memeriahkan lomba tersebut. Hal tersebut terbukti dengan ramainya peserta serta suporter di tiap kelurahan.

Walikota Solok Zul Elfian turut apresiasi kepada seluruh peserta karena semua masakan yang di sediakan enak. “ Kalau saya yang jadi juri pasti semuanya menjadi juara 1” tutur Zul Elfian.

Melihat potensi tersebut Zul Elfian berharap kepada seluruh OPD agar memanfaat potensi yang kita miliki tersebut, Wako Solok menghimbau agar disetiap acara memesan kepada Ibu-ibu tersebut. (Suci/Humaspro