Wako Solok Zul Elfian Buka Festival Mahakarya Kampung Jawa Tahun 2018

SOLOK KOTA – Walikota Solok Zul Elfian, S.H, M.Si membuka secara langsung Festival Mahakarya Kampung Jawa tahun 2018 di Pulau Belibis Kelurahan Kampung Jawa, Jum’at (12/10).

Festival Mahakarya Kampung jawa merupakan inovasi baru yang digagas oleh Pemerintah Kelurahan Kampung Jawa dengan mengangkat tema “Bersama Kampung Jawa yang Kreatif”, kegiatan tersebut akan berlangsung dari tanggal 12 oktober sampai dengan 14 Oktober 2018.

Adapun bentuk kegiatan Festival tersebut meliputi: Seminar Motivator bagi pegiat UKM di Kota Solok, Penilaian Booth UKM, Perlombaan Cipta Lampu Hias, lomba layang-layang kreasi, lomba Fashion show dari barang bekas, lomba Marching Band antar SD, lomba To Be Number One bagi Ibu-ibu PKK, penampilan kesenian, senam bersama serta Donor darah.

“Terimakasih atas inovasi dan kreasi yang telah dilahirkan” ungkap Zul Elfian mengapresiasi Lurah serta Tokoh Masyarakat yang ikut serta menggagas kegiatan tersebut.

Ketua Pelaksana Riko Budiawan, S.IP dalam laporannya menyebutkan tujuan dari kegiatan tersebut untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal melalui konsep pembangunan noe endogen yaitu menggerakan ekonomi dan kekuatan desa melalui interaksi ekonomi dengan dunia luar, merangsang kreatifitas masyarakat dalam pengembangan produksi ekonomi kreatif dan pemasaran, dan merangsang pengembangan potensi wisata lokal melalui konsep pariwisata berbasis masyarakat melalui kesenian dan budaya lokal.

Zul Elfian menambahkan kegiatan tersebut harus dipertahankan bahkan harus ditingkatkan lagi karena dapat memotivasi masyarakat agar meningkatkan kreativitas serta menampilkan segala potensi kerjinan yang dimiliki. “Diharapkan karya yg diciptakan diperbarui terus sesuai perkembangan zaman, sehingga produk yang kita lahirkan tidak ketinggalan zaman. Selain itu juga diharapkan kepada Lurah serta OPD terkait lakukan pembinaan terhadap pengrajin kita, sehingga pengrajin tidak usaha sendiri” tutup Zul Elfian.

Kegiatan tersebut ditutup dengan kunjungan Walikota Solok di tiap-tiap stand UKM yang ada. (Suci/HumasPro)