Wawako Solok Reinier Buka Festival Serambi Madinah Kota Solok 2018

SOLOK KOTA – Tari Kolosal membuka Festival Serambi Madinah Kota Solok 2018, tingkat Sumatera Barat, Riau dan Jambi dihalaman Mesjid Agung Al Muhsinin. Selasa (2/10).

Turut hadir dalam acara tersebut Kakanwil Kemenag Sumbar yang diwakili H. Kardinal, Wakil Ketua DPRD Kota Solok H.Irman Yefri Adang, unsur Forkopimda serta peserta festival dari Sumbar, Riau dan Jambi serta Pejabat Dari Kabupaten/Kota yang mengutus kafilahnya.

Festival yang digelar dari tanggal 1 sampai dengan 4 Oktober 2018 tersebut resmi dibuka oleh Wakil Walikota Solok Reinier atas nama Gubernur Sumatera Barat yang ditandai dengan pemukulan gendang yang didampingi oleh Wakil Ketua DPRD H.Irman Yefri Adang, Kakanwil Kemenag Sumbar H. Kardinal, serta unsur Forkopimda.

Wakil Walikota Solok Reinier sangat mengapresiasi atas terselenggaranya festival tersebut. Dalam sambutannya, Reinier ungkapkan festival ini merupakan ajang kita bersama menggelar MTQ 2019 nantinya, kita mencoba melihat seberapa besar kesiapan kita melaksanakan kegiatan tersebut.

“Melalui festival ini kita coba jadikan sebagai ajang kesiapan kita dimana Kota Solok menjadi tuan rumah MTQ Nasional tahun 2019, Pemerintah tidak akan tinggal diam, tetapi akan mendukung penuh kegiatan ini,” ungkap Reinier.

Disisi lain, Wakil DPRD Kota Solok Irman Yefri Adang ungkapkan tidak sia-sia anggarkan kegiatan tersebut dan berharap festival yang direncanakan satu kali 2 tahun ini akan dilaksanakan menjadi 1 kali setahun.

“Saya turut apresiasi kepada seluruh panitia dan pihak terkait dengan terselengaranya festival serambi madinah pertama ini, kami dari DPRD akan mensupport dengan memberikan anggaran kepada acara ini, jangan hanya diadakan 1 kali 2 tahun saja, melainkan 1 kali setahun” ungkap Adang

Ketua Pelaksana Jefrizal,S.Pt,MT dalam laporannya mengatakan tujuan dari kegiatan ini sebagai upaya nyata guna memperkuat kharakter dan identitas Kota Solok Kota Beras Serambi Madinah serta sebagai persiapan menjadi tuan rumah MTQ Nasional tingkat prov Sumbar tahun 2019 mendatang. Sebagai ajang silaturrahmi antar Daerah Sumbar, Riau, dan Jambi, dan guna meningkatkan serta menumbuhkan potensi generasi muda bidang keagamaan.

Peserta yang akan ikut serta dalam festival tersebut adalah seluruh kabupaten dan kota se Sumbar, Riau dan Jambi. Diperkirakan total peserta yang hadir sebanyak 500 orang.

Adapun jenis perlombaan yang akan dipertandingkan meliputi: Tahfidz Hadist putra 16 tahun, Qasidah Rebana putri 45 tahun, Pildacil putri 13 tahun, dan Bintang Qasidah putri 35 tahun. Lokasi perlombaan meliputi di Masjid Agung Al-Muhsinin dan Gedung Kubuang Tigo Baleh.

Dengan Adanya event ini, Reinier berharap masyarakat Kota Solok selaku tuan rumah bisa menjadi tuan rumah yang baik dan ramah. “Kami harap masyarakat Kota Solok dapat menyambut tamu dengan baik, elok dan ramah, agar tamu nyaman dan betah. Hal ini bisa kita jadikan kekuatan dimasa yang akan datang guna menarik kunjungan ke Kota Solok, semalam kita telah kita sambut seluruh peserta dalam jamuan makan malam dirumah dinas Walikota Solok, sebagai bentuk menjalin silahturahmi,” ungkap Reinier.

Diakhir sambutan, Reinier ucapkan selamat datang kepada seluruh peserta dan semangat untuk melaksanakan perlombaan dengan sportif dan sebaik-baiknya. (Suci/HumasPro)