Wako Solok Menerima Anugerah Lencana Melati

SOLOK KOTA – Walikota Solok H.Zul Elfian,SH,M.Si menerima tanda penghargaan Lencana Melati yang disematkan langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat H.Irwan Prayitno pada Apel Besar Peringatan Hari Pramuka ke 57, bertempat di Halaman Kantor Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Selasa (18/9).

Turut hadir pada kesempatan itu, Sekjend Kwartir Nasional Pramuka DR.Abdul Shobur, Ka Kwarda 03 Sumatera Barat H.Nasrul Abit, Forkopimda, serta para kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumbar, Pramuka Penggalang, Penegak dan Pandega serta Pelatih dan Pembina Pramuka se Sumatera Barat.

Lencana Melati yang diterima Wako Solok H.Zul Elfian merupakan salah satu lencana jasa. Lencana-lencana jasa, yaitu tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota dewasa di dalam dan di luar Gerakan Pramuka, yang dianggap telah berjasa bagi Gerakan Pramuka.

Lencana Melati, yaitu tanda penghargaan yang diberikan kepada seorang yang dianggap telah memberikan jasa dan pengabdian yang Iebih besar bagi kepentingan Gerakan Pramuka. Lencana Melati tersebut menandai bahwa seseorang, di dalam maupun di luar Gerakan Pramuka, telah memberikan jasa dan pengabdiannya yang lebih besar bagi Gerakan Pramuka atau gerakan kepanduan di dunia. Orang dewasa di dalam atau di luar Gerakan Pramuka dapat menerima dan mengenakan Lencana Melati apabila yang bersangkutan telah memenuhi syarat-syarat.

Adapun syarat-syaratnya ialah Anggota Dewasa Gerakan Pramuka yang pernah dikukuhkan untuk menduduki suatu jabatan atau tugas tertentu sebagai anggota dewasa Gerakan Pramuka. Selanjutnya, orang dewasa di dalam atau di luar Gerakan Pramuka yang telah memberikan jasanya yang cukup besar, yang dinilai oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka bahwa jasa tersebut sangat bermanfaat bagi perkembangan Gerakan Pramuka dan/atau gerakan kepramukaan di dunia.

Lencana Melati diberikan kepada seseorang tergantung pada dukungan moril dan materiel, baik itu dalam bentuk dana, sarana dan fasilitas yang telah diberikannya, serta pengabdian maupun pengorbanan tenaga, pikiran, waktu, dan karyanya seperti menciptakan atau mengarang lagu, tulisan dan naskah, permainan, perlengkapan, kegiatan, penelitian. Selanjutnya, Masa bakti sebagai anggota Gerakan Pramuka sedikitnya 20 (Dua Puluh) tahun dan telah mendapat Tanda Penghargaan Lencana Pancawarsa IV, serta Tanda Penghargaan Lencana Darma Bakti.

Pada kesempatan itu, Sekjend Kwartir Nasional juga berkenan menyerahkan Lencana Melati kepada Ketua Mabida 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat H.Irwan Prayitno, dan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumbar H.Nasrul Abit.

Penyerahan penghargaan Lencana Melati dan Lencana Darma Bakti serta Lencana Pancawarsa Gerakan Pramuka kepada Anggota Dewasa Gerakan Pramuka Sumatera Barat tersebut Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 096 Tahun 2018 tanggal 8 Agustus 2018.

Ka Kwarda Sumbar H.Nasrul Abit dalam sambutannya mengatakan, guna menyambut peringatan Hari Pramuka ke 57, Kwarda sumbar telah melaksanakan berbagai giat prestasi pramuka dan bakti sosial pembersihan kali yang diikuti sebanyak 350 orang.

“Kami tentunya berterima kasih kepada semua pihak yang telah turut serta memajukan Pramuka Sumbar, terima kasih juga kepada gubernur yang telah memberikan dukungan besar kepada Pramuka Sumbar,” sebutnya.

Selanjutnya, Sekjend Kwarnas DR.Abdul Shobur menyampaikan selamat ulang tahun ke 57 kepada seluruh gerakan pramuka se Indonesia. Pendidikan kepramukaan harus benar tertanam sebagai pedoman bersikap bagi para pemuda di Indonesia.

Ia menyebutkan, 106 tahun yang lalu eksistensi pramuka sudah dimulai. Gerakan Pramuka sudah berkembang cepat semenjak zaman kemerdekaan, dan dipupuk terus oleh Bung Karno menjadi wadah perkembangan remaja. Pramuka diharapkan menjadi ajang untuk membina dan memantapkan karakter generasi muda Indonesia.

Pramuka sudah sejatinya menjadi rumah kita bersama. Hari pramuka ke 57 kali ini mengangkat tema pramuka perekat NKRI.

“Kami juga ingatkan agar para orang tua dan guru jangan ragu-ragu untuk memberikan izin bagi anak-anak yang mau ikut gerakan pramuka,” ujarnya.

Selain itu, menghadapi dinamika politik saat ini, pramuka harus ikut serta memberikan kesejukan dan jangan sampai ada anggota pramuka terlibat politik praktis. “Kami juga ucapkan selamat dan terimakasih kepada para penerima penghargaan. Semoga penghargaan ini dapat memacu dan mendorong kemajuan pramuka,” sebutnya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar H.Irwan Prayitno juga menyampaikan ucapan selamat Hari Pramuka ke 57. Di usia ini sudah sangat nyata peranan pramuka di seluruh wilayah Indonesia. Gerakan Pramuka telah memberikan bukti sejarah, dimulai dari zaman penjajahan sampai saat ini gerakan pramuka sebagai perekat NKRI.

“Pramuka berjuang untuk negara, memberikan bukti atas persatuan, kebersamaan dan rumah bagi kita bersama. Tak peduli Suku, Agama dan Ras, pramuka rumah kita bersama,” ujar Irwan Prayitno.

Pada kesempatan itu, IP juga mengingatkan agar adek-adek gerakan pramuka untuk ikut selalu aktif dan giat melaksanakan kegiatan pramuka, di seluruh sekolah selalu disiapkan peluang untuk berpramuka.

“Pramuka digalakkan karna memberikan pembentukan karakter, perilaku sportif, jujur dan amanah yang semuanya akan terbentuk dalam gerakan pramuka,” tutup IP.

Dimoment tersebut, Walikota Solok Zul Elfian yang sekaligus Kamabincab Pramuka Kota Solok menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh Kwarnas kepada dirinya.

“Terima kasih saya ucapkan atas penghargaan yang diberikan oleh Kwarnas, terutama kepada Kwarcab Pramuka Kota Solok yang telah banyak berbuat dan bersinergi dalam memajukan pramuka di Kota Solok Khususnya, sehingga menghantarkan kami menerima penghargaan ini,” ungkap Zul Elfian. (Deni/HumasPro).