Siswa Kelas 5 SDN 14 Laing Menarik Perhatian di Peringatan Hari Anak Nasional Kota Solok Tahun 2018

Ada yang menarik di Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2018 Kota Solok yang digelar di Gedung Kubung 13 kali ini, Kamis (6/9). Sorak sorai peserta Peringatan HAN tersebut terdengar ketika salah satu siswi SDN 14 Laing Nurul Takjiah mengajukan pertanyaan kepada Wakil Walikota Reinier.

“Apa program bapak dalam menangani masalah kenakalan remaja dan bagaimana cara bapak meningkatkan minat dan bakat anak dalam pelestarian budaya minangkabau?” Ungkap siswi kelas 5 SD tersebut.

Dengan rasa kagum Reinier langsung menjawab pertanyaan, bahwa untuk mengisi waktu luang anak-anak agar tidak terjerumus masalah kenakalan remaja, Pemerintah Kota Solok sendiri telah menyediakan taman bacaan yang terletak di Pulau Belibis. Selain itu, juga telah banyak sanggar-sanggar sebagai penyalur bakat anak-anak sendiri.

“Kita sebagai orangtua harus memberikan perhatian yang lebih kepada anak-anak. Perhatikan jam istirahat anak-anak serta kami Pemerintah Kota Solok akan melengkapi segala fasilitas yang dibutuhkan oleh anak-anak” tambah Wakil Walikota Solok.

Masih dalam Peringatan HAN, Group Band Siswa SLB Kota Solok turut ambil perhatian seluruh peserta. Siswa-siswa tersebut menyanyikan lagu bareh solok dan lagu bunda.
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Solok Delfianto selaku Ketua pelaksana dalam laporannya menyebutkan tujuan dari kegiatan tersebut untuk menumbuhkan kepedulian, kesadaran dan peran aktif masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang berkualitas untuk anak, serta memberikan perhatian dan informasi yang seluas-luasnya kepada seluruh anak dan keluarga tentang pentingnya membangun karakter anak melalui peningkatan pengasuhan keluarga.

Peringatan HAN tahun 2018 ini mengangkat tema “Anak Indonesia GENIUS (Gesit, Empati, beraNI, Unggul dan Sehat)”. Reinier berharap dengan adanya momen Peringatan HAN tahun 2018 ini dapat menggugah dan meningkatkan kepedulian setiap individu, orangtua, keluarga, masyarakat serta OPD dan unsur terkait akan pentingnya peran, tugas dan kewajiban masing-masing dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak.

“Saya berharap kepada Saudara Kepala OPD dan unsur terkait mari kita terus berkomitmen untuk membangun Kota Solok yang ramah anak dengan tetap mengupayakan maghrib mengaji, malam iman dan taqwa, memberikan informasi yang layak bagi anak, puskesmas dan sekolah ramah anak, serta mengaktifkan forum anak.” Tutup Reinier dalam sambutannya.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakapolres Solok Kota Kompol Sumintak, Ketua TP-PKK Hj. Zulmiyetti Zul Elfian, Ketua GOW Elfia Reinier, unsur FORKOPIMDA, kepala OPD terkait, serta guru-guru PAUD sampai tingkat SLTA. (Suci/HumasPro)