Tim Penilai Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Prov. Sumbar Nilai Posyandu Teratai I

SOLOK KOTA – Tim Penilai Lomba Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang diketuai oleh Ny.Nevi Irwan Prayitno lakukan penilaian lapangan ke Posyandu Teratai 1 di Kelurahan Tanah Garam, Kota Solok, Selasa (24/7).

Posyandu salah satu upaya untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat secara optimal, mengembangkan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan potensi tumbuh kembang anak dan pelayanan kesehatan yang berbasis masyarakat.

Posyandu juga salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan anak.

Sekretaris Daerah Kota Solok Rusdianto dalam sambutannya, mengucapkan selamat datang kepada rombongan tim penilai posyandu berprestasi tingkat provinsi Sumatera Barat di Kota Solok Kota Beras Serambi Madinah serta berharap penilaian tersebut berjalan dengan baik dan lancar.

Lanjutnya, Rusdianto berharap dengan adanya penilaian ini dapat memotivasi Kader Posyandu agar dapat meningkatkan kinerja di Posyandu.

“Selamat bersaing kepada kader posyandu Kota Solok, dan dengan kunjungan tim penilai ini, saya berharap kepada kader – kader posyandu dapat meningkatkan kompentesi diri masing-masing” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, ketua tim penilai Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumbar Nevi Irwan Prayitno menghimbau agar kader-kader posyandu menjadi kader yang baik nantinya.

Sementara tujuan dari penilaian ini menurut Ny. Nevi adalah untuk melihat secara langsung aktifitas dan kemampuan kader dalam memahami tugas pokok dan fungsinya, mengetahui manfaat posyandu bagi masyarakat, mengetahui dukungan dari dinas yang terkait, mengetahui dukungan mayarakat dalam meningkatkan partisipasi dan swadaya pengelolaan dan menetapkan kader posyandu berprestasi terbaik I, II, III tingkat Provinsi Sumbar tahun 2018.

Disebutkan Ny. Nevi Irwan Prayitno, peninjauan lapangan diharapkan didampingi oleh pihak yang terkait, sehingga hasil pelaksanaan kegiatan dapat dibuktikan sesuai dengan data yang disajikan pokjanal, pokja, dan kader posyandu.

“Kegiatan ini diharapkan bukan hanya untuk penilaian saja, akan tetapi bisa dipakai sebagai upaya pembinaan kita dari pemerintah secara bersama-sama. Kami berharap dengan penilaian ini mampu memotivasi untuk meningkatkan prestasi kader Posyandu kedepannya,” ujarnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil III TP PKK Ria Rusdianto, Ketua PIL Yanti Yutriscan, Ketua Persit, Ketua LKAAM, Bundo Kanduang, serta OPD terkait.