Wakil Walikota Solok Memberikan Reward Kepada 3 Siswa Berprestasi SMPN 1 Kota Solok

SOLOK KOTA – Sebanyak 3 siswa berprestasi yang berasal dari SMPN 1 Kota Solok dijamu serta diberikan reward oleh Wakil Walikota Solok Reinier,ST,MM atas prestasi yang dicapainya, bertempat di Rumah Dinas Wakil Walikota Solok, Kamis (19/7).

Adapun prestasi yang diraih ialah medali perunggu atas nama Zepri Ramadhan dengan pembimbing Neni Amir,S.Pd. Medali itu didapat dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP tingkat nasional tahun 2018 bidang IPS yang diadakan di Kota Padang.

Selanjutnya, dalam ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2018 Direktorat Pembinaan SMP, M.Rafky Alfattah (Ketua Peneliti) dan Akbar Ibnu Yatsir (Anggota Peneliti) dengan guru pembimbing Shinta Antar Kasuma,S.Pd (Guru IPA SMPN 1 Kota Solok) berhasil lolos ke tingkat nasional mewakili Provinsi Sumatera Barat.

Judul penelitian yang dilakukan ialah ‘Penggunaan Buah Pare (MOMORDICHA CHARANTIA L.) Pengganti Carbon Dalam Baterai Untuk Menghasilkan Energi Listrik. Kegiatan itu berawal dari adanya pelatihan awal OPSI 2018 se Kota Solok pada Bulan April 2018 di SMPN 5 Solok, dengan dosen pelatih Dr. Rahadian dari jurusan kimia Universitas Negeri Padang.

M.Rafky Alfattah putra dari bapak Afrijon dan Ibu Afriyenti ini sudah pernah meraih prestasi Harapan III Lomba Spensic Provinsi Sumatera Barat, sedangkan Akbar Ibnu Yatsir putra dari bapak Wido Yatsir dan ibu Yulfirstra Mayorita Eka Sastra juga pernah berprestasi pada OSN Tingkat SD Bidang IPA pada Tahun 2015.

Wakil Walikota Solok Reinier yang saat menerima didampingi Kepala Dinas Pendidikan menyebutkan, prestasi yang diraih oleh 3 orang siswa ini harus menjadi pelecut semangat bagi siswa lainnya di Kota Solok agar dapat berprestasi nantinya.

“Tentunya kita bangga memiliki siswa berprestasi ini, dan kita akan lebih bangga jika 3 siswa ini dapat menggerakkan siswa-siswa lain untuk memulai melakukan hal yang sama,” ungkapnya.

Renier juga mengingatkan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Solok untuk senantiasa memperhatikan dan memfasilitasi setiap siswa berprestasi yang akan mengikuti lomba, yang nantinya juga akan mengharumkan nama Kota Solok di tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional.

“Potensi yang dimiliki oleh para siswa harus dikembangkan secara baik, selain membuat bangga siswa dan orang tua siswa, tetapi juga bisa membanggakan para guru, sekolah dan Kota Solok pada umumnya,” tutup Reinier.

Diakhir kegiatan, Reinier berkesempatan mengalungkan medali yang telah diraih oleh Zepri Ramadhan, selanjutnya memberikan reward kepada Zepri Ramadhan, M.Rafky. Alfattah dan Akbar Ibnu Yatsir. Sekaligus melepas Tim OPSI yang akan berjuang ditingkat nasional di Kota Surabaya mulai dari tanggal 22 sampai 26 Juli 2018 bertempat di Hotel Surabaya Suites. (Humaspro).